Kontingen Peradilan Semu Fakultas Syariah Raih Juara III Kompetisi Nasional

04 November 2021

Pekalongan (4/11) – Kontingen Peradilan Semu Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menyabet juara III pada kompetisi bergengsi Sharia Faculty National Moot Court Competition (SFNMCC) 2021. Pengumuman juara dilaksanakan pada Sabtu, 30 Oktober 2021 secara luring di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo dan secara daring melalui sambungan zoom meeting.

Rangkaian kegiatan SFNMCC 2021 dimulai dari publikasi lomba hingga babak penyisihan dilakukan secara daring dengan mempertemukan PTKIN seluruh Indonesia. Dari 11 PTKIN yang lolos seleksi pemberkasan, dikerucutkan kembali menjadi lima besar terbaik yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN KH. Ahmad Shiddiq Jember, IAIN Pekalongan, IAIN Kediri, dan IAIN Metro Lampung. Kelima PTKIN tersebut kemudian lanjut bertanding di Final SFNMCC yang diadakan secara luring pada 29 Oktober 2021 di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo.

Even SFNMCC tahun 2021 dilaksanakan secara berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain karena proses perlombaan dilaksanakan pada masa pandemi, hal lain yang berbeda adalah tema secara khusus ditentukan oleh penyelenggara. Ada dua tema yang diwajibkan untuk seluruh kontingen dalam SFNMCC 2021, yakni pidana waris Islam dan cyber crime dalam tindak pidana skimming.  “Setelah lolos ditahap pertama yaitu pemberkasan yang persiapannya dimulai Juli dan dikumpulkan September, kami melaju ke tahap dua. Disini kami diharuskan mengirim video simulasi persidangan semu secara daring,” ungkap Sahrul Hidayat, salah satu anggota kontingen IAIN Pekalongan.

Heris Suhendar, M.H Official Kontingen Peradilan Semu (PS) IAIN Pekalongan menuturkan perlombaan peradilan semu tak lepas dari berbagai tantangan, baik dari internal dan eksternal. “Kendala yang kita hadapi seperti intensitas pendampingan latihan untuk tim PS IAIN Pekalongan serta kendala dari segi mobilitas ketika di lokasi perlombaan,” papar Heris. Total waktu proses persiapan selama empat bulan akhirnya membuahkan hasil dengan masuk babak final pada tanggal 28-30 Oktober yang bertempat di IAIN Ponorogo, dan kemudian kontingen IAIN Pekalongan sukses menyabet juara III tingkat nasional.

Dihubungi melalui sambungan WhatsApp, salah satu anggota kontingen PS IAIN Pekalongan Yusril Bariki mewakili Kontingen IAIN Pekalongan menyampaikan rasa bangganya dapat meraih juara III pada even SFNMCC 2021. Lebih lanjut Yusril menyampaikan harapannya agar teman-teman mahasiswa lain juga dapat membawa prestasi lain untuk nama kampus IAIN Pekalongan. Atas prestasi yang diraih Kontingan PS IAIN Pekalongan, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag menyatakan apresiasinya. “Kami sangat mengapresiasi prestasi tersebut sekaligus berharap agar prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa di lingkungan IAIN Pekalongan untuk mengoptimalkan talenta-talenta yang dimiliki,” papar Muhlisin.

Kesuksesan ini dapat diraih tentu karena kerja keras dan kerja sama seluruh pihak. Setidaknya terdapat 15 orang mahasiswa Kontingen IAIN Pekalongan dalam SFNMCC 2021 yang terdiri dari 6 orang mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam, 6 orang mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara dan 3 orang mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Keberhasilan meraih juara III juga berkat dukungan pelatih/pembimbing diantaranya Azimar Rusydi, S.Ag, M.H.I (Ketua Pengadilan Agama Kajen/ Dosen Fasya), Sutaji, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara), Miqdam Yusria Ahmad, S.H.I, M.Ag (Advokat/Dosen Fasya), Redy Handoko, S.H.I, M.H (Polisi/Dosen Fasya), dan Heris Suhendar, M.H (Dosen Fasya).


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…