Dua Mahasiswa FEBI Raih Juara pada Kompetisi Pasar Modal 2021

05 November 2021

Pekalongan (5/11) – Dua mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Rifki Dafa Surya dan Zulfa Firdaus Safitri berhasil memperoleh juara harapan II pada Kompetisi Pasar Modal yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan untuk para pengurus Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) pada tanggal 20-22 September 2021.

Semua peserta Kompetisi Pasar Modal melewati tiga rangkaian acara lomba yaitu trading saham, analisis paper, dan presentasi. Pada tahap trading saham, masing-masing peserta diberi modal uang virtual sebesar 1 Miliar rupiah. Dengan uang tersebut setiap peserta memantau dan membeli saham yang berpotensi membawa keuntungan. Aktivitas tersebut dilakukan dengan sepenuhnya mengikuti peraturan dari panitia. “Alhamdulillah pada tahap 1 kami memperoleh keuntungan sebesar 185 juta rupiah dan masuk 15 besar sehingga berhak ikut ke babak selanjutnya,” tutur Dafa melalui pesan singkat WhatsApp.

Pada tahap selanjutnya yakni tahap analisis paper, paper Dafa dan Zulfa berfokus pada analisis saham emiten PT United Tractors Tbk. Menurut mereka, emiten perusahaan tersebut berpeluang untuk meroket meski pada masa pandemi. Sebagai informasi, PT United Tractors Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tambang dan konstruksi. Dalam paper tersebut berisi mengenai bagaimana profil perusahaan, tinjauan makroekonomi dan mikroekonomi, tinjauan industri, tinjauan keuangan, serta analisis. “Analisis yang kami gunakan dalam paper tersebut menggunakan dua analisis dasar, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal,” ungkap Zulfa.

Setelah melalui penilaian oleh dewan juri, Dafa dan Zulfa lolos ke tahap selanjutnya, yaitu presentasi. Berkat kerja sama keduanya, pada tahap presentasi mereka berhasil mengalahkan beberapa peserta dan memperoleh juara harapan II. “Alhamdulillah kami masih diberi juara harapan II, kami cukup bangga dengan prestasi ini karena ini merupakan pengalaman pertama kami mengikuti perlombaan,” kata Dafa.  Atas prestasi ini mereka mengaku tidak berpuas diri dan akan terus belajar dan berjuang pada even-even selanjutnya. Dafa dan Zulfa merupakan mahasiswa semester 5 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. Dafa tercatat sebagai mahasiswa pada jurusan Ekonomi Syariah sedangkan Zulfa merupakan mahasiswa pada jurusan Akuntansi.

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag mengapresiasi perjuangan yang dilakukan oleh Dafa dan Zulfa dalam Kompetisi Pasar Modal tahun 2021. “Alhamdulillah dengan prestasi tersebut Mahasiswa IAIN Pekalongan telah siap bersaing pada level apapun sesuai bidangnya masing-masing,” kata Muhlisin. Prestasi ini menunjukkan bahwa talenta yang dimiliki IAIN Pekalongan semakin terasah dan siap untuk berkompetisi secara terbuka dengan perguruan tinggi lainnya. “Dengan demikian maka kesiapan lulusan kita untuk memasuki pasar kerja insya Allah dapat teruji kompetensinya,” tutup Muhlisin.


Reporter   : Juniharto Binta Jaya

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…