Bantu Sukseskan Vaksinasi, Desa Sidakangen Banjarnegara Gandeng KKN IAIN Pekalongan

10 November 2021

Banjarnegara (10/11) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mandiri kelompok 26 berkontribusi sebagai panitia pelaksana pada kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidakangen, Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada Senin, 8 November 2021 di halaman Masjid Al Muttaqin Desa Sidakangen. Kegiatan terselenggara berkat kerja sama antara Rumah Sakit Islam (RSI) Kab. Banjarnegara, KODIM 0704 Banjarnegara, dan Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Desa Sidakangen.

Kegiatan Vaksinasi diperuntukkan bukan saja untuk masyarakat Desa Sidakangen, namun juga menyasar masyarakat lain di sekitar Kecamatan Bening seperti Desa Majatengah, Plorengan, Kertosari, dan Gununglangit. Vaksin yang dipakai dalam kegiatan vaksinasi ini yakni Vaksin Pfizer atau BNT162b2. Jumlah vaksin yang diberikan pada vaksinasi ini pada awalnya berjumlah 500 dosis. Namun karena banyaknya antusias warga yang ingin mengikuti vaksin, maka panitia menambahnya menjadi 700 dosis. “Sasaran disesuaikan menjadi 700 orang, namun lebih baik lagi jika lebih dari 700 orang,” Kata Kapten Vander Sutejo selaku Kepala Tim Vaksinasi dari Kodim 0704 Banjarnegara.

Ditemui di lokasi vaksinasi, Gatot HC selaku perwakilan pihak RSI menyebut kegiatan vaksinasi bertujuan untuk memperkuat imun tubuh masyarakat Desa Sidakangen dan sekitarnya. “Problem saat ini, masyarakat masih sangat kurang perhatian terhadap vaksin,” tutur Gatot. Disebabkan perhatian masyarakat yang kurang tersebut, Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara mendukung secara penuh kegiatan ini. “Saya kira perlu adanya kolaborasi multidimensi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia terbebas dari pandemi covid-19. Rumah Sakit Islam Banjarnegara kita melengkapi pemerintah, karena dunia kesehatan selalu bersinergi dengan pemerintah,” imbuh Gatot.

Sementara itu, Sigit sebagai Kepala Desa Sidakangen mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan vaksinasi termasuk kepada Kelompok KKN Tematik 26. Meskipun telah divaksinasi, Sigit berharap kepada masyarakat Sidakangen agar tetap menjaga kesehatan dan senantiasa menaati protokol kesehatan sebagai senjata utama melawan Covid-19. Menyambung pernyataan Sigit, Ketua Kelompok KKN Tematik 26 Labidun Nufus berharap kedepannya mahasiswa KKN dapat terus belajar dan berkontribusi pada kegiatan masyarakat yang ada di Sidakangen dan sekitarnya. “Karena sejatinya kita berasal dari masyarakat dan akan kembali lagi ke masyarakat,” tegas Labidun.


Reporter   : Muhammad Labidun Nufus

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…