Tempuh Jalur Darat, Kontingen IAIN Pekalongan Ikuti PWN PTK ke-XV di Pelambang

10 November 2021

Pekalongan (10/11) - IAIN Pekalongan mengirim kontingen untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ke-XV di Jakabaring Sport City Palembang. Pada Senin (8/11/2021), kontingen IAIN berangkat ke Palembang dengan menggunakan bus. Bertolak dari Kampus I IAIN Pekalongan, rombongan yang terdiri dari delapan peserta PWN PTK, Pembina Racana, Ketua Kontingen, dan beberapa kru memulai perjalanan darat pada pukul 21.00 WIB.

Sebelum mulai perjalanan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., memberikan wejangan kepada seluruh rombongan baik peserta maupun kru PWN PTK untuk berhati-hati dan menjaga sikap dan perilaku selama perjalanan. Ia juga mengimbau kepada seluruh rombongan agar selalu menjaga kesehatan karena perjalanan yang akan ditempuh melalui jalur darat dan laut sepanjang 893 km.

Setelah melalui perjalanan via jalur tol, pada pukul 04.00 WIB, rombongan sampai di Rest Area Ciujung KM 43 Tol Jakarta-Merak untuk istirahat dan salat subuh. Perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Merak. Sekitar pukul 07.00 WIB, rombongan tiba di Pelabuhan Merak dan bersiap masuk ke kapal feri. Pada pukul 08.00 WIB, kapal feri berangkat menuju Pelabuhan Bakauheni.

Hamparan pemandangan laut yang indah, gugusan pulau-pulau kecil di sekitar Selat Sunda menemani perjalanan. Suasana mendung tanpa hujan membuat perjalanan di atas kapal terasa syahdu sehingga tanpa terasa kapal sudah berlabuh di Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, rombongan istirahat dan sarapan di Warung Padang dekat Pelabuhan Bakauheni, kemudian meneruskan perjalanan melalui Jalan Tol Trans-Sumatera.

Pesatnya pembangunan infrastruktur yang digenjot oleh pemerintah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Hal ini dilihat dari ketersambungan atau konektivitas antarwilayah di seluruh pelosok negeri, sehingga perjalanan dari satu provinsi ke provinsi lain dapat dilalui dengan lancar tanpa hambatan berarti. Hal inilah yang dirasakan rombongan IAIN Pekalongan saat melakukan perjalanan dari Bakauheni ke Palembang. Melewati Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 87 km pada pukul 12.45 WIB, rombongan sampai di Rest Area 87 Tol Kayu Agung-Bakauheni km 153 untuk salat dan istirahat.

Setelah istirahat, perjalanan dilanjutkan menuju Palembang sepanjang 320 km hingga tiba di Kota Palembang pada pukul 19.00 WIB. Rombongan segera menuju Jakabaring Sport City untuk melakukan registrasi dan pengondisian tempat penginapan. Meskipun badan lelah setelah menempuh perjalanan selama hampir 24 jam, peserta PWN PTK ke-XV tetap semangat untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai sejak pukul 03.00 WIB dini hari sampai pukul 21.00 WIB. Sebelum memulai kegiatan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. selaku pimpinan kontingen IAIN Pekalongan, berpesan agar peserta selalu tanggap dan responsif selama mengikuti kegiatan agar seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar.


Reporter    : Irfandi

Editor        : Fachri Ali

Redaktur   : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…