Rektor IAIN Pekalongan Resmi Buka ICSLS 2021

10 November 2021

Pekalongan (10/11) – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan laksanakan “1st International Conference on Sharia and Legal Studies 2021” (ICSLS 2021) pada 9-10 November 2021.  Mengangkat tema “Development of Sharia and Legal Studies of the Moderate Character in the Global”, Rektor IAIN Pekalongan resmi membuka acara secara virtual pada Selasa, 9 November 2021.

Even ICSLS 2021 menghadirkan pembicara baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pembicara dalam negeri, yakni Assoc. Prof. Dr. Muhammad Hasyan Bisyri, M.Ag (Fakultas Syariah-IAIN Pekalongan), Dr. Khotibul Umam (Universitas Gadjah Mada), dan Assoc. Prof. Dr. Yusdani, M.Ag (Islamic Studies-Universitas Islam Indonesia). Sedangkan pembicara luar negeri terdiri dari Dr. Hajah Mas Nooraini binti Haji Mohiddin (Dekan Fakultas Hukum Unissa Brunei Darussalam), Elizabeth Ann Black, BA B SOc WK, LLB (Hons), LLM, SJD. (TC Beirne School of Law, The University of Quensland, Australia), Assoc. Prof. Dr. Rohaida Nordin (Ketua Program Pascasarnaja Fakultas Hukum, Universiti Kebangsaan Malaysia).

Dalam sambutan acara, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag selaku Rektor IAIN Pekalongan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan konferensi ini. Zaenal berharap ICSLS 2021 dapat menjadi titik awal sivitas akademika menjadi lebih produktif. Atas kelancaran dan kemeriahan acara, Zaenal mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara, para pembicara dan para partisipan acara. “Tema konferensi ini sangat menarik untuk dibahas, yaitu pengembangan studi syariah dan hukum dalam mewujudkan karakter moderat. Tema yang diangkat sangat relevan dengan visi dan misi IAIN Pekalongan sebagai pendidikan tinggi Islam di Indonesia” sambung Zaenal.

Zaenal menambahkan bahwa dalam mewujudkan visi misi ini, IAIN Pekalongan membutuhkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk dari universitas dalam negeri maupun universitas luar negeri. Guna menguatkan kerja sama tersebut, Zaenal berharap konferensi ini bisa di lanjutkan ke tahun-tahun berikutnya. “Saya berharap konferensi ini dapat dilanjutkan, tidak hanya tahun ini, tetapi juga bisa dilanjutkan di tahun kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Semoga konferensi ini berjalan lancar meskipun melalui virtual. Mudah-mudahan, kita semua bisa bertemu tatap muka di lain waktu,” pungkasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah Dr. Akhmad Jalaludin M.A dalam sambutan pembukaan acara mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada semua partisipan baik dari rektor, wakil rektor, pembicara dan semua pihak yang terlibat. Akhmad berharap konferensi ini dapat mengembangkan Fakultas Syariah menjadi lebih baik. “Konferensi ini mengembangkan tema moderasi Islam, semoga dengan konferensi ini bisa memajukan Fakultas Syariah khususnya dalam mengembangkan karakter yang moderat dengan membandingkannya dengan universitas di Indonesia dan luar negeri,” pungkasnya.


Reporter  : Nizmatul Laely

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…