Didik Anggota Baru, Menwa IAIN Pekalongan Gelar Pra Pendidikan dan Latihan Dasar

11 November 2021

Pekalongan (11/11) – Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (UKM Menwa) Batalyon 955 Kusuma Bangsa IAIN Pekalongan melaksanakan Pra Pendidikan dan Latihan Dasar (Pradiklatsar) ke-45 pada tanggal 8-14 November 2021.

Selain mahasiswa IAIN Pekalongan, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), dan Institut Teknologi dan Sains Nahdatul Ulama Pekalongan (ITS NU) yang seluruhnya berjumlah 14 orang.

Upacara pembukaan Pradiklatsar dilaksanakan pada Senin, 8 November 2021 dan secara resmi dibuka oleh Rektor IAIN Pekalongan. Turut hadir pula pada upacara pembukaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pekalongan, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Desa. Kegiatan Pradiklatsar merupakan kegiatan tahunan yang sifatnya wajib diikuti oleh setiap anggota baru. Pradiklatsar mempunyai tujuan untuk membentuk jiwa korsa yang tinggi terutama dalam organisasi Menwa, serta melatih mental, kedisiplinan dan fisik yang baik.

Dalam upacara pembukaan, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag menyampaikan dukungannya agar seluruh peserta selalu menjaga solidaritas antar anggota. “Kegiatan ini bagus sekali untuk menyiapkan fisik dan mental pelaksanaan diklatsar yang akan dilaksanakan Februari mendatang serta berguna untuk mempererat tali persaudaraan, selalu bersemangat, tetap berhati-hati dan memperhatikan faktor keselamatan dalam mengikuti kegiatan serta juga tetap menjaga kekeluargaan Menwa antar perguruan tinggi,” ungkapnya.

Zaenal mengungkapkan harapannya agar Menwa tetap profesional dan dapat terus menjaga hubungan baik dengan pihak manapun. “Harapan saya kedepannya Menwa bisa menjadi lebih maju dan lebih baik, menjadi Menwa yang disiplin, loyal dan bersinergi dengan TNI maupun masyarakat,” harapnya. Rektor menambahkan melalui sinergi yang baik dengan berbagai pihak, kontribusi Menwa harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. “Selamat mengikuti diklatsar buat rekan-rekan semua, tetap semangat dan jaga kesehatan,” tutupnya.

Rangkaian kegiatan Pradiklatsar masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya saja di tahun ini kegiatan dilaksanakan di kampus II IAIN Pekalongan, Rowolaku, Kajen. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan di daerah dataran tinggi. Setelah upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan berbagai agenda seperti pelatihan kepemimpinan, pendirian bivak dan tenda, PBB, wawasan kebangsaan, ke-Menwa-an, survival, bakti sosial, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), navigasi darat, komunikasi efektif, dan outbound.


Reporter  : Widiya Tri Handayani

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

 

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…