Pecahkan Rekor MURI, 35 ribu Pantun Moderasi Beragama Warnai Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional

11 November 2021

Palembang (11/11) - Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XV resmi dibuka pada Kamis, 11 November 2021 di Dinning Hall Jakabaring Sport City Palembang.

Acara yang dikemas secara blended dengan memadukan daring dan luring ini diikuti oleh Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTK se-Indonesia, para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang serta peserta PWN, baik luring maupun daring melalui Zoom Meeting. 

Pada awal acara, peserta langsung disuguhi dengan penampilan tari-tarian khas Sumatera Selatan yang dibawakan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Diiringi instrumen musik khas Melayu, peserta seolah dibawa pada suasana kehidupan Melayu yang kaya, rancak dan serasi. Selepas dihibur dengan tarian, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa pembukaan, pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 45 dan Dasa Dharma Pramuka dan sambutan dari Ketua Penyelenggara PWN PTK XV, Wakil Gubernur sumatera Selatan dan Menteri Agama RI. 

Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, M.T. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa PWN PTK XV 2021 ini diikuti oleh 1.334 peserta, baik luring maupun daring. Adapun kegiatan pada perkemahan ini meliputi peningkatan skill dan pengetahuan, sosial, keagamaan dan lingkungan seperti penanaman pohon, pembuatan biopori, pelatihan pembuatan hand sanitizer, tabur benih ikan, vaksinasi massal, donasi buku dan kunjungan ke rumah ibadah 6 agama. “Sehubungan kondisi masih pandemi Covid-19, agar seluruh peserta dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat”, pungkas Ali Ramdhani.

Setelah laporan Ketua penyelenggara, acara dilanjutkan sambutan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya. Dalam sambutannya, ia menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi mengucapkan rasa bangga dan terima kasih, karena Sumatera Selatan telah diberi kepercayaan menjadi tuan rumah kegiatan tingkat nasional. “Selamat datang di Bumi Sriwijaya, semoga pelaksanaan PWN PTK XV dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Sumatera Selatan pada khususnya, dan umumnya bagi seluruh rakyat Indonesia”, pungkas Mawardi Yahya.

Sementara Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa kegiatan PWN PTK XV bertujuan untuk menjalin silaturahim, memupuk persaudaraan, solidaritas dan gotong royong antar anak bangsa sebagaimana nilai-nilai kepramukaan. Selain itu, secara khusus PWN PTK XV juga bertujuan untuk mengarusutamakan moderasi beragama. “Melalui kegiatan ini, para peserta PWN diharapkan menjadi duta-duta moderasi beragama di lingkungan masyarakatnya masing-masing”, pinta Yaqut.

Pengarusutamaan moderasi beragama sebagaimana disampaikan Gusmen (panggilan akrab Menteri Agama) diwujudkan salah satunya dengan pemecahan rekor MURI 35 ribu pantun moderasi beragama yang dianggit oleh para peserta pramuka dari seluruh PTKIN se-Indonesia. Pada momen itu juga diberikan penghargaan untuk pengirim pantun terbanyak. Untuk kategori PTKI diberikan kepada UIN Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi yang berhasil menghasilkan 1.503 pantun, sedangkan untuk kategori perorangan diberikan kepada Fajar Karnizi.


Reporter    : Irfandi

Editor        : Saiful Anam

Redaktur    : Humas Bagian Umum

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…