Hari Keempat, Peserta PWN Gelar Aksi Sosial dan Lingkungan

12 November 2021

Palembang (12/11) – Hari keempat Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan XV di Palembang, peserta menjalankan kegiatan berbasis lingkungan. Setelah senam pagi dan giat pribadi, kegiatan PWN dilanjutkan dengan berbagai aktivitas yang berorientasi pada peningkatan toleransi, kepekaan sosial dan konservasi lingkungan.

Pada pukul 08.00-12.00 WIB, kontingen IAIN Pekalongan dibagi menjadi empat kelompok untuk mengikuti empat kegiatan pelatihan. Empat kegiatan tersebut yakni pertama, perilaku hidup sehat dan bersih dengan pemateri dari Pinsaka Bakti Husada; kedua, pelatihan pembuatan handycraft berbahan kardus dengan pemateri dari Komunitas Bumi Kardus; ketiga, seminar Optimalisasi Media Sosial dan Generasi Millenial Effect dengan pemateri dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Dua materi terakhir dilaksanakan secara blended dan diikuti oleh peserta luring dan daring.

Selepas jumatan peserta melakukan kegiatan implementasi moderasi beragama dengan mengunjungi Klenteng Tek Kim Tong dan dilanjutkan dengan pendistribusian buku hasil sumbangan kontingen PWN ke beberapa pesantren dan madrasah di Kota Palembang. Di waktu yang sama, peserta PWN juga melakukan kegiatan pembuatan biopori dan penanaman pohon di lingkungan Kampus B UIN Raden Fatah Palembang. Sesudah shalat asar, kegiatan PWN dilanjutkan dengan Jakabaring Tour dan penyampaian materi oleh Polda Sumatera Selatan lalu ditutup dengan apel sore.

Pada malam harinya, sesudah giat pribadi para peserta dari seluruh kontingen berbaur dalam suasana keakraban pada sesi anjangsana di Dinning Hall Jakabaring Sport City. Seluruh kegiatan di atas dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan untuk memastikan kesehatan seluruh peserta, panitia juga melakukan swab antigen dan PCR gratis untuk seluruh peserta dan kontingen.                                        

Jauhar Ali selaku Bindam (Pembina dan Pendamping) Kontingen IAIN Pekalongan pada tim humas menyampaikan bahwa peserta dari IAIN Pekalongan telah mengikuti seluruh kegiatan dengan khidmat dan penuh antusias, tidak ada satu pun kegiatan yang terlewat dan absen. "Setiap pagi sebelum kegiatan kita melakukan briefing, dan pada sore harinya kita melakukan evaluasi bersama-sama", pungkasnya. Tak lupa ia juga meminta doa pada seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan agar kontingen senantiasa diberi kesehatan agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai.


Reporter  : Irfandi

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…