Menwa IAIN Pekalongan Ikuti Pelatihan Rakyat Terlatih Tingkat Nasional

15 November 2021

Pekalongan (15/11) – Menjadi salah satu peserta diantara perwakilan organisasi se-Indonesia, Muhammad Lukni Maulana Ibrahim, perwakilan Resimen Mahasiswa (Menwa) IAIN Pekalongan ikuti Pelatihan Rakyat Terlatih (PRT) yang diselenggarakan oleh Pusat Teritorial (Pusterat) TNI Angkatan Darat pada tanggal 9-12 November 2021. Acara Pelatihan Rakyat Terlatih mengambil tempat di Pusat Pendidikan Teritorial (PUSDIKTER) Bandung, Jawa Barat.

Pelatihan Rakyat Terlatih yang diadakan setiap tahun ini merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara sebagai perwujudan hak dan kewajiban dalam usaha pembelaan negara yang menunjukkan sifat kesemestaan dan keserbagunaan dalam penyelenggaraan pertahanan keamanan negara. Dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Muhammad Lukni Maulana Ibrahim, peserta Pelatihan Rakyat Terlatih asal IAIN Pekalongan mengungkapkan rasa bangga dan beruntung menjadi peserta dalam kegiatan Pelatihan Rakyat Terlatih 2021.

Lukni yang juga tercatat sebagai komandan Menwa IAIN Pekalongan menyampaikan, “Kegiatan ini berbasis semi militer yang mengedepankan kedisiplinan. Diantara beberapa materi yang dipelajari dalam kegiatan ini yaitu cara menggunakan kompas dengan baik dan benar, selain itu juga dipelajari cara menanggulangi bencana dan lain sebagainya yang berkaitan dengan militer,” ungkapnya. Berproses selama 4 hari bersama 100 peserta yang lain dalam Pelatihan Rakyat Terlatih tahun 2021, Lukni berharap dapat membawa banyak pengetahuan dan pengalaman guna berbagi ilmu dengan anggota Menwa yang lain.

Berkaitan dengan partisipasi Menwa IAIN Pekalongan dalam kegiatan PRT, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag mendukung sepenuhnya Lukni yang mengikuti Pelatihan Rakyat Terlatih dan berharap setelah kegiatan Lukni dapat membawa banyak ilmu baru yang bermanfaat. “Saya men-support keikutsertaan anggota Menwa dalam kegitan tersebut. Pelatihan Rakyat Terlatih tahun 2021 ini semoga menjadi tempat belajar yang tepat agar dapat memperoleh ilmu yang dapat membawa manfaat tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk dibagi kepada teman-teman dan masyarakat luas,” kata Muhlisin.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 9, Kegiatan Pelatihan Rakyat Terlatih ini digelar dengan tujuan utama memupuk rasa  nasionalisme dan bela negara.


Reporter   : Anik Maghfiroh

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…