Tingkatkan Kualitas Dosen, IAIN Pekalongan Adakan Workshop Penguatan Tim PAK dan Peer Review Internal-Eksternal

15 November 2021

Pekalongan (15/11) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan adakan Workshop  Penguatan Kapasitas Tim Penilai Angka Kredit (PAK) dan Peer Review Internal-Eksternal. Acara ini berlangsung di Ruang sidang Lt.3 Gedung Rektorat pada Senin (15/11).  Peserta Workhshop ini merupakan bagian dari sivitas akademika IAIN Pekalongan, yang terdiri dari rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, direktur pascasarjana, ketua lembaga/unit, kepala bagian umum dan perwakilan dosen.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yakni Prof. Dr. Sutikno, S.T., M.T Tim Penilai Angka Kredit Dosen Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan Hikmat selaku Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Dimulai tepat pada pukul 08.30 WIB, acara berlangsung dengan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Ditemui di lokasi acara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pekalongan, Dr. Maghfur, M.Ag mengungkapkan acara ini bertujuan untuk mempersiapkan  dosen dan lembaga terkait agar lebih siap menghadapi penilaian dari tim auditor. “Substansi dari workshop ini adalah agar lebih mempersiapkan diri, seperti misal untuk menjadi asisten ahli apa apa saja yang harus disiapkan, syarat-syaratnya apa saja,” tuturnya. Maghfur juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia berbagi ilmu kepada tim PAK dan Peer Review IAIN Pekalongan.

Dalam kesempatan yang sama Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag menyampaikan apresiasinya atas berlangsungnya acara ini. “Workhop ini bisa menjadi wadah sharing ilmu untuk meningkatkan kualitas dosen. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi acara ini. Dosen selain berkewajiban untuk mengajar, juga harus bertangggung jawab untuk meningkatkan kualifikasi dirinya, dan peningkatan ini harus ber-impact positif,” tuturnya saat memberikan sambutan pembukaan acara.

Zaenal menambahkan bahwa workshop ini menjadi bagian dari peningkatan kualitas IAIN Pekalongan yang akan bertransformasi menjadi UIN, mengingat saat ini jumlah dosen di IAIN Pekalongan masih belum ideal untuk sebuah institusi, dan masih memiliki kekurangan dalam beberapa kualifikasi dosen, sehingga perlu adanya peningkatan kualitas dosen. “Peningkatan kualifikasi ini merupakan tanggung jawab dan kebutuhan bersama, namun secara administratif IAIN Pekalongan sudah siap menjadi UIN. Saat ini kita telah mempunyai satu guru besar. Kita punya target di tahun 2025 mempunyai 5 orang guru besar,” Pungkasnya. Zaenal berharap setelah berlangsungnya Workshop Penguatan Kapasitas Tim PAK dan Peer Review  Internal-Eksternal ini, akan ada impact yang positif dan semua pihak bisa terdorong untuk meningkatkan kualifikasi diri.


Reporter  : Nizmatul Laely

Editor      : Najmul Afad

Redaktur : Tim Humas IAIN Pekalongan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…