IAIN Pekalongan Jalani Audit Surveillance Tahun Kedua

16 November 2021

Pekalongan (16/11) – Guna meningkatkan kualitas lembaga pendidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melalui Lembaga Penjamin Mutu (LPM) jalani Audit Surveillance tahun kedua pada hari Senin dan Selasa (15-16 November 2021) di Gedung Rektorat Kampus I IAIN Pekalongan. Surveillance Audit ISO 9001:2015 dan 21001:2018 menghadirkan dua asesor, Ir. Sholichin Agung Dharmawan dari PT. Decra Grup Indonesia dan Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pembukaan Audit Surveillance dilaksanakan pada Senin (15/11) di lantai 3 Gd. Rektorat dan dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. Turut hadir pula pada acara pembukaan, yaitu: Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Maghfur, M.Ag., Wakil Rektor II Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Drs. Moh. Muslih, Ph.D., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag., Kepala Biro AUAK IAIN Pekalongan Dr. Ferimeldi, Ph.D., Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.ag., dan Wakil Direktur Pasca Sarjana Dr. Hj.Susminingsih, M.Ag.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk mempertahankan sertifikasi (International Standar Operation) ISO 9001:2015 dan 21001:2018 yang telah didapatkan sebelumnya. Untuk memastikan konsistensi dan perkembangan mutu sebagai lembaga pendidikan, maka kegiatan ini perlu diadakan. Hal ini sebagaimana pernyataan Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. saat menyampaikan sambutan acara. “Untuk memastikan bahwa IAIN Pekalongan tetap layak mendapatkan sertifikasi ISO, juga untuk mengetahui perbaikan-perbaikan yang sifatnya meningkatkan mutu IAIN Pekalongan ataupun hal-hal yang perlu dipertahankan tentunya kegiatan ini sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Zaenal menambahkan, Surveillance ISO 9001:2015 dan 21001:2018 ini juga diharapkan mampu memberikan inspirasi dan masukan yang membangun kepada IAIN Pekalongan dalam melaksanakan sistem pendidikan yang bermutu tinggi dan berkualitas ke depannya. “Harapannya bisa lebih baik dari tahun yang lalu dan tetap bisa memegang sertifikat ISO karena mengingat sifatnya yang sangat penting untuk lembaga pendidikan,” pungkasnya.

Tujuan dari Audit Surveillance ini ada dua yaitu memastikan konsistensi tata kelola lembaga pendidikan dan kelayakan bagi institusi untuk menyadang gelar sertifikat ISO, sehingga pemegang sertifikat ISO harus mampu mempertahankan  predikat yang telah didapat melalui pelayanan yang baik sehingga implementasi ISO bisa dirasakan oleh semua pihak sivitas akademika IAIN Pekalongan.

Ditemui di lokasi acara, Asesor Surveillance Audit ISO Ir. Sholichin Agung Dharmawan mengungkapan Audit Surveillance sebagai momen untuk melihat peningkatan implementasi tata kelola IAIN Pekalongan dari tahun-tahun sebelumnya. “Kami akan melihat apakah ada peningkatan sistem tata kelola dari IAIN Pekalongan terutama untuk mewujudkan visi dan misi IAIN Pekalongan yang sedang mempersiapkan sistem peralihan menjadi UIN agar berada pada level yang lebih global,” ungkapnya.


Reporter   : Widiya Tri Handayani

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…