Mahasiswa S2 IAIN Pekalongan Sabet Juara III Call for Paper Nasional

17 November 2021

Pekalongan (17/11) – Khairul Anwar, Mahasiswa S2 Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan berhasil meraih juara III dalam ajang Call for paper tingkat nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Ajang Call for paper merupakan salah satu dari rangkaian acara The Second Islamic Economic Consortium (IEC) Tahun 2021. Adapun tema dalam ajang call for paper tersebut adalah Peran Ekonomi Syariah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi Covid-19.

Ajang call for paper membagi kegiatannya ke dalam tiga ­fase, yaitu pendaftaran dan pengumpulan makalah (24 September – 24 Oktober 2021), pengumuman 14 makalah terpilih (31 Oktober 2021), dan terakhir tahap presentasi (7 November 2021). Setelah pendaftaran dibuka, total peserta yang mengikuti ajang (mengumpulkan makalah) sebanyak 50 peserta yang terdiri dari berbagai mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Dari total 50 peserta tersebut kemudian diseleksi dan diambil 14 makalah terbaik, setelah terpilih 14 makalah terbaik lalu di presentasikan kepada dewan juri dan terpilihlah 4 makalah terbaik.  Dari hasil presentasi 4 makalah tersebut, Anwar berhasil meraih masuk urutan (juara) III.

Atas keberhasilannya tersebut, Anwar mengungkapkan perasaan senang dan bangganya. “Perasaan tentunya sangat senang dan tidak menyangka bisa mendapatkan juara III pada acara tersebut,” ucapnya. Anwar menambahkan, raihan prestasinya tak lepas dari dukungan para dosen di  program S2 ekonomi Syariah, Dr. Hendri Hermawan Adiguna,M.SI dan Dr. Hafidz Ma’shum, M.Ag. Pada lomba tersebut, Anwar mengangkat judul makalah Peran Zakat, Infak, dan Sedekah di Masa Pandemi Covid-19.  Ditanya alasan mengambil judul tersebut, Anwar mengatakan, “Saya memilih judul itu karena topiknya menarik dan sedang tren. Ditengah pandemi covid-19 ini saya ingin mengetahui bagaimana peran LAZIS dalam menyejahterakan masyarakat”.

Sementara itu, Dr. Ali Muhtarom, M.H.I., Ketua Program Sudi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Pekalongan menyatakan selamat atas prestasi yang ditorehkan Khairul Anwar. “Saya sebagai Ketua Prodi menyampaikan selamat dan merasa bangga kepada Mas Anwar yang meraih prestasi luar biasa ini. Hal ini juga diharapkan jadi pendorong mahasiswa lain untuk meraih prestasi baik tingkat nasional maupun internasional,” kata Ali. Ucapan selamat juga disampaikan oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. “Atas keberhasilan Mas Anwar saya ucapkan selamat, jangan cepat berpuas diri ayo lanjutkan raih prestasi di kompetisi yang lain,” kata Rektor.


Reporter    : M. Labidun Nufus

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…