IAIN Pekalongan Berhasil Mempertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015 dan 21001:2018

17 November 2021

Pekalongan (17/11) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan berhasil mempertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015 dan 21001:2018. Kabar ini disampaikan langsung oleh Auditor ISO pada penutupan Audit Surveillance di Gedung Rektorat Kampus I pada Selasa (16/11). Ir. Sholichin Agung Dharmawan dan Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom selaku Auditor memaparkan hasil Audit Surveillance dan menyatakan IAIN Pekalongan berhak untuk memegang sertifikasi ISO hingga satu tahun mendatang.

Penutupan Audit Surveillance merupakan rangkaian acara dari Audit Surveillance ISO 9001:2015 dan 21001:2018 yang telah berlangsung selama dua hari (15-16 November). Selain dihadiri Rektor IAIN Pekalongan, turut hadir pula dalam penutupan acara; para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, para Dekan, para Wakil Dekan, para Ketua Lembaga, Kepala SPI, Kepala Perpustakaan, Kepala UTIPD, Kepala UPB, Mudir Ma’had Al-Jamiah, Kabag Institut dan Fakultas, Sub Koordinator TU Pascasarjana, dan tim LPM.

Dalam pemaparan hasil audit, Sholihin Agung Dharmawan menyampaikan bahwa masih ada beberapa temuan minor yang perlu diperbaiki IAIN Pekalongan, namun hal tersebut bukan menjadi masalah. “IAIN Pekalongan masih layak untuk memegang sertifikasi ISO hingga tahun depan. Meski ada beberapa temuan minor hal tersebut menjadi semangat dan motivasi untuk menjadi lebih baik,” tuturnya.

Solihin Juga menambahkan bahwa Audit Surveillance tahun ini mengalami peningkatan yang lebih baik. “Selama proses audit, jika di banding tahun kemarin, secara improvement IAIN Pekalongan sudah punya tahapan yang jelas. Secara improvement sudah lebih baik, sudah terlihat arahnya. Semoga tahun depan maturity-nya lebih terlihat lagi,” pungkasnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag mengatakan bahwa temuan minor dalam audit akan digunakan sebagai referensi bagi IAIN Pekalongan untuk terus melakukan perbaikan. “Terimakasih kepada Audit Surveillance, akhirnya kita mengetahui kekurangan-kekurangan kita, mereka menunjukkan itu, kita akan sempurnakan ke depannya,” ungkapnya.

Zaenal juga menambahkan bahwa setiap unit harus menjadi satu kesatuan dan maju secara bersama-sama. Semuanya adalah superteam yang harus bekerja bersama-sama untuk menjalankan roda organisasi di IAIN Pekalongan. “Jika diibaratkan jamu, temuan minor tadi adalah jamu yang harus kita konsumsi sehingga akan menguatkan lembaga. Semua unit harus berbenah. ISO tahun depan harus lebih baik, perbaikan ini harus dilakukan setiap saat karena kebutuhan organisasi juga akan selalu berkembang,” tegasnya. Dengan kerja sama yang solid untuk terus melakukan perbaikan, Zaenal optimis tahun depan IAIN Pekalongan dapat kembali mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 dan 21001:2018.


Reporter  : Nizmatul Laely

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…