Luar Biasa, Mahasiswa FEBI Harumkan Nama IAIN Pekalongan di Pentas Internasional

19 November 2021

Pekalongan (19/11) – Karisma Vira Noviana, mahasiswa semester tiga S1 Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Pekalongan berhasil meraih juara II dalam International Short Course yang diadakan oleh Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 15-17 November 2021. Dengan tema Promoting Halal Industry in Achieving SDGs, ajang level internasional ini dilaksanakan penuh secara daring.

Ajang International Short Course ini merupakan salah satu keluaran kegiatan short course program berbentuk lomba yang dilaksanakan oleh UIN Sunan Kalijaga. International Short Course dilaksanakan secara daring dimulai dari pendaftaran, seleksi, pengumpulan karya hingga penyerahan penghargaan. Dari total 73 orang peserta yang mendaftar, IAIN Pekalongan mengirimkan 4 mahasiswa. Keempat mahasiswa IAIN Pekalongan tersebut adalah Karisma Vira Noviana, Naela Arbach, Nor Fatmah Rahmawati dan Rizky Andrean, yang kemudian secara acak keempat mahasiswa dibagi di antara 10 kelompok yang berbeda, bergabung dengan peserta dari kontingen kampus lain.

Dengan mengangkat tema, “Halal, Modest, Sustainable: The Way to Elevate Muslim Fashion Industry in the Global Market” essay yang dibuat Karisma Vira Noviana bersama dengan kelompoknya berhasil menyabet juara terbaik II dalam ajang International Short Course. Dihubungi melalui saluran WhatsApp, Karisma menyampaikan rasa bangganya dapat meraih penghargaan bergengsi tersebut. Lebih lanjut Karisma menyampaikan harapannya agar teman-teman mahasiswa lain juga dapat lebih bersemangat mengembangkan keterampilan yang dimiliki agar dapat menciptakan perubahan yang baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Diraihnya penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa mahasiswa IAIN Pekalongan telah mampu untuk mengembangkan teori yang didapat pada materi perkuliahan. Hal ini disampaikan oleh Happy Sista Devy, M.M selaku official kontingen IAIN Pekalongan. “Hasil yang diraih merupakan bukti bahwa mahasiswa Ekonomi Syari’ah mampu untuk mengembangkan informasi dan materi yang didapatkan juga berguna untuk pengembangan diri sehingga lebih mudah mendapatkan prestasi-prestasi baik di dalam maupun di luar IAIN Pekalongan,” ungkapnya.

Atas prestasi yang diraih dalam ajang International Short Course, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag menyatakan apresiasinya. “Kami sangat mengapresiasi prestasi tersebut sekaligus hal ini membuktikan bahwa mahasiswa IAIN Pekalongan memiliki kompetensi untuk bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa yang lain, baik nasional ataupun internasional,” papar Muhlisin. Capaian tersebut, kata Muhlisin, dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa yang lain agar memiliki motivasi yang sama dalam mengasah kemampuan dan membiasakan untuk berkompetisi dalam skala manapun sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Muhlisin menambahkan, prestasi ini juga menunjukkan sinergi yang kuat antara mahasiswa peserta lomba dengan dosen pembimbing lomba untuk berkompetisi dan mengharumkan nama IAIN Pekalongan. Senada dengan Muhlisin, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag mengatakan raihan prestasi tingkat internasional semakin meneguhkan visi IAIN Pekalongan menjadi kampus yang terkemuka dan kompetitif dalam pengembangan ilmu pengetahuan. “Selamat kepada Karisma, semoga dengan prestasi ini mendorong mahasiswa-mahasiswa lain untuk dapat berprestasi baik pada level nasional maupun internasional,” pungkas Rektor.


Reporter   : Anik Maghfiroh

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…