Dosen PBA IAIN Pekalongan Menjadi Presenter Konferensi Internasional

10 December 2021

Surabaya (10/12) – Dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan Jauhar Ali, M.Pd.I menjadi presenter dalam kegiatan International Conference on Madrasah Reform (ICMR) tahun 2021. ICMR diselenggarakan oleh Dirjen Pendis Kemenag dan The World Bank selama 3 hari, 5 – 7 Desember 2021 di Hotel Shangri-La, Surabaya.

Bertema “Evidence, Assessment, and Learning: Supporting Quality of Madrasah Reform" acara dibuka langsung oleh Dirjen Pendis Kemenag Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. Konferensi Internasional ini menghadirkan pembicara dari dalam negeri yaitu Prof. Dr. Ali Ramdhani, Prof. Dr. Moh. Isom, dan Dr. Ahmad Hidayatullah, M.Pd. yang ketiganya berasal dari Kementerian Agama. Kemudian narasumber dalam negeri lainnya, Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd. dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Adapun pembicara dari luar negeri yaitu Shinsaku Nomura, Ph.D dari World Bank, USA, Prof. Dr. Dr.hc. Eckhard Klieme dari Goethe University, Germany and German Institute for International Educational Research, Prof. Dr. Hadi Nur dari Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia, Sitti Maesuri, Ph.D. dari University of Canberra, Australia.

Pelaksanaan International Conference on Madrasah Reform (ICMR) 2021 terdiri dari tiga sesi yaitu opening remarks, plenary session, dan parallel session. Menjadi satu-satunya yang mewakili IAIN Pekalongan pada kegiatan ini, dalam parallel session Jauhar Ali mempresentasikan tulisannya yang berjudul “Android Based Test (ABT) to Evaluate Students Literacy in Madrasah”. Jauhar Ali menerangkan penggunaan Android Based Test (ABT) beserta kelebihan dan kekurangannya dalam mengevaluasi kemampuan literasi siswa di salah satu madrasah di Pekalongan.

Acara ini dihadiri oleh 50 presenter dari kalangan guru madrasah dan dosen PTKIN dan PTU yang masing-masing juga mempresentasikan hasil-hasil risetnya tentang madrasah, setelah melalui seleksi ratusan artikel yang ketat. Selain itu, keikutsertaan ini juga dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi di publikasi internasional, karena semua makalah yang dipresentasikan akan diterbitkan dalam prosiding internasional yang diterbitkan oleh Atlantis Press di bawah penerbit Springer Nature. Dengan demikian, perkembangan dan kemajuan madrasah di Indonesia akan semakin dikenal di dunia internasional.


Reporter   : Jauhar Ali

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…