Jalin Kerja Sama Internasional, FEBI IAIN Pekalongan Adakan Program Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri

23 November 2021

Pekalongan (23/11) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan Program Student Exchange “Sit in Class For Overseas Student” (Batch 1) pada  21-27 November 2021. Program ini merupakan program kerja sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Peresmian dan pembukaan acara dilaksanakan pada Senin, 22 November 2021 di Meeting Room Lantai 3 Gedung FEBI IAIN Pekalongan. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pekalongan Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Dari pihak UNIDA Gontor, hadir secara virtual Wakil Rektor III UNIDA Dr. Khoirul Umam, M.Ec. Pembukaan ini juga turut dihadiri oleh Dekan FEBI IAIN Pekalongan, jajaran Wakil Dekan, Kepala Jurusan dan Sekretaris Jurusan, enam Mahasiswa pendamping dari FEBI IAIN Pekalongan serta delapan Mahasiswa UNIDA yang berasal dari Malaysia dan Thailand.

Dalam sambutan pembukaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin M.Ag menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. “Hari ini ada sejarah baru, ada student exchange, hal ini merupakan bagian dari proses untuk memulai gerakan go-regional ataupun go-internasional. Proses untuk menjadi orang yang terbuka, dengan membuka kesempatan dan membuka diri dengan hal-hal baru,” ujar Muhlisin.

Muhlisin juga menambahkan bahwa program ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena sejalan dengan visi misi IAIN Pekalongan, sebagai perguruan tinggi yang ingin membawa diri sebagai perguruan tinggi yang terkemuka dan kompetitif secara nasional maupun internasional. Dalam sambutannya, Muhlisin mengatakan ada tiga misi yang dikembangkan dalam program student exchange ini yaitu misi ukhuwah, misi ilmiah, dan misi diniyah atau dakwah.

Dr. Khoirul Umam, M.Ec selaku wakil Rektor III UNIDA Gontor juga menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. “Terima kasih akhirnya terwujud kerjasama nyata antara IAIN Pekalongan dan UNIDA Gontor. Semoga menjadi awal kerjasama antara IAIN Pekalongan dan UNIDA khususnya FEBI IAIN Pekalongan dan FEM UNIDA Gontor,” tutur Khoirul. Khoirul mengatakan bahwa selain sebagai knowledge exchange program ini juga bisa menjadi culture exchange, kultur untuk saling belajar dan saling mengenal sebagai bentuk pengembangan kebudayaan. Khoirul juga berharap akan ada student exchange lanjutan dari IAIN Pekalongan ke UNIDA Gontor.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Dr.Hj. Shinta Dewi Rismawati, M.H selaku Dekan FEBI IAIN Pekalongan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi MoU antara IAIN Pekalongan  dengan UNIDA beberapa waktu lalu. “Kegiatan ini sesungguhnya merupakan salah satu ikhtiar untuk meningkatkan performance FEBI IAIN Pekalongan. Sesungguhnya program ini sudah kami rancang sejak bulan Februari dan sempat ditunda juga. Alhamdulillah bisa terlaksana sekarang,” tutur Shinta. Shinta berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antara FEBI IAIN Pekalongan dengan UNIDA, selain itu harapannya kegiatan ini  juga akan semakin mempererat persahabatan antara Indonesia, Malaysia dan Thailand sebagai sebuah keluarga besar di Asia Tenggara.

Abdullah Ali Al Baqir salah satu peserta program student exchange asal Malaysia menyampaikan bahwa program ini menjadi salah satu media untuk bertukar budaya dan pengetahuan antara IAIN Pekalongan dan UNIDA Gontor, serta budaya Malaysia dan Indonesia. Abdullah berharap keseluruhan program dapat berjalan lancar dan ia dapat mengambil pengalaman dan pelajaran dari program ini.


Reporter      : Nizmatul Laely

Editor          : Baryachi

Redaktur      : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…