Tingkatkan Daya Saing UMKM, KKN IAIN Pekalongan Gelar Seminar Literasi Keuangan Digital

24 November 2021

Banjarnegara (24/11) – KKN Tematik Mandiri IAIN Pekalongan kelompok 26 sukses mengadakan acara seminar motivasi UMKM pada Kamis, 18 November 2021 di Balai Desa Sidakangen, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Mengangkat tema "Strategi Penguatan UMKM Desa Melalui Literasi Keuangan Digital" acara ini dihadiri 35 orang pelaku UMKM di sekitar Desa Sidakangen.

Andre Dwi Setiawan selaku ketua pelaksana menyebut tujuan kegiatan seminar motivasi UMKM adalah untuk memotivasi para pelaku UMKM di Desa Sidakangen agar lebih kreatif dalam meningkatkan daya saing usahanya. Andre menambahkan, di Desa Sidakangen ada beberapa pelaku UMKM yang memiliki berbagai usaha seperti petani kopi, petani teh, sayur mayur, online shop, dan lain-lain. Setelah pelatihan, para pelaku usaha tersebut diharapkan dapat menerapkan materi seminar secara langsung untuk meningkatkan daya saing usahanya.

Guna mendukung acara, panitia mengundang dua narasumber dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop)-UKM Kabupaten Banjarnegara. Dua narasumber tersebut adalah Aji Piluroso, S.STP selaku Sekretaris Dinas dan Nurhandini Isneiningsih selaku Penyuluh Perindag Madya. Aji dalam paparan awal materi menyatakan apresiasinya kepada panitia kegiatan. "Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada teman-teman KKN yang sudah menginisiasi adanya kegiatan literasi keuangan digital UMKM di Desa Sidakangen" ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Aji mengharapkan para pelaku usaha di Desa Sidakangen semakin terampil dan terus berinovasi dalam menampilkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masa kini. “Ke depannya, Disperindagkop-UKM sebagai mitra UMKM juga akan terus mendorong berkembangnya kegiatan UMKM di desa-desa,” kata Aji. Adapun, terkait literasi keuangan digital bagi UMKM sangat dibutuhkan guna mempercepat layanan kepada konsumen dengan salah satunya melalui transaksi keuangan secara elektronik.

Senada dengan Aji, Nurhandini Isneiningsih selaku Penyuluh Perindag Madya menyampaikan dengan pemahaman yang baik mengenai literasi keuangan digital para pelaku usaha akan lebih siap dalam menghadapi persaingan usaha di era digital. Pada kesempatan yang sama Nurhandini mengajak para pelaku usaha dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan Disperindagkop-UKM. “Para pelaku usaha yang tadinya tidak tahu dengan adanya kami, yaitu dinas teknis yang menangani dan menjadi mitra para pengusaha, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan kami,” tutup Nurhandini.


Reporter  : Ika Putri Yuliana & Muhammad Labidun Nufus

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…