Sinergi Mahasiswa KKN dan Masyarakat Desa Sawangan Sukseskan Haul Tahunan

28 November 2021

Paninggaran (28/11) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Mandiri IAIN Pekalongan Kelompok 12 bersama masyarakat Desa Sawangan bersinergi sebagai panitia pelaksana guna sukseskan kegiatan tahunan "Haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani". Kegiatan haul tahunan ini dilaksanakan di Desa Sawangan, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, pada tanggal 20-21 November 2021.

Kegiatan diadakan selama dua hari yang terbagi menjadi kegiatan pengajian umum pada hari Sabtu (20/11) dan pengajian khusus Jamaah Tariqat pada hari Ahad (21/11). Haul tahunan yang kerap diadakan oleh Jamaah Tariqat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah ini dihadiri dengan antusiasme yang tinggi oleh jamaah dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Indonesia.

Tingginya antusiasme masyarakat tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan dampak pandemi Covid-19 selama dua tahun kemarin yang menyebabkan tidak ada kegiatan haul. "Setelah dua tahun keinginan kita terpendam, kini ada kelonggaran sedikit kemudian kita adakan haul dan alhamdulillah pengunjungnya sampai membludak,” ungkap Lukman Hakim selaku ketua panitia.

Berbagai pihak ikut terlibat dalam mensukseskan acara Haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani ini. Beberapa di antaranya yaitu organisasi IPNU, IPPNU, Banser termasuk tim KKN Tematik kelompok 12. "Dengan adanya tim KKN IAIN pekalongan, alhamdulillah kita dari panitia merasa terbantu karena tim KKN sinergi dengan masyarakat. Kami dari panitia mengucapkan banyak terima kasih,” ucap Lukman.

Ditemui di lokasi acara, Ismono salah satu Jamaah Qodiriyah wa Naqsyabandiyah yang berangkat dari Kota Tangerang, memberikan kesan yang mendalam terhadap acara haul tahunan ini. "Saya berangkat dari Tangerang jam 8 malam dan sampai di lokasi acara jam setengah 8 pagi. Saya merasa adem dan adanya acara ini dan tentunya dapat menambah ilmu," aku Ismono.

Sementara itu, Ahmad Abdul salah satu anggota tim KKN Tematik kelompok 12 mengaku bersyukur, ia dan rekan satu KKNnya dapat berkontribusi langsung sebagai panitia dalam acara haul tahunan. "Syukur alhamdulillah kami dapat ikut serta pada haul kali ini, semoga kedepannya para mahasiswa KKN di manapun berada dapat selalu bersinergi dan ikut gotong royong dengan masyarakat setempat,” ungkap Abdul.


Reporter   : Ahmad Abdul Haq & Muhammad Labidun Nufus

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

 

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…