Perpustakaan IAIN Pekalongan Adakan Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional

29 November 2021

Pekalongan (29/11) – Dalam rangka membentuk budaya literasi, meningkatkan minat baca, wawasan, dan keterampilan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, Perpustakaan IAIN Pekalongan mengadakan lomba Resensi Buku Tingkat Nasional tahun 2021 pada tanggal 22 Oktober s/d 19 November 2021.

Pelaksanaan lomba resensi dilakukan secara daring, mulai dari pendaftaran tanggal 22 Oktober 2021, pengiriman naskah resensi tanggal 31 Oktober 2021 hingga pengumuman pemenang pada tanggal 19 November 2021. Total 138 peserta mendaftar lomba resensi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Pada batas akhir penerimaan naskah lomba didapatkan 74 karya resensi, dengan rincian dari IAIN Lhokseumawe 2 peserta, UIN Antasari Banjarmasin 2 peserta, UIN Raden Fatah Palembang 11  peserta, UIN Sunan Kalijaga 1 peserta, Universitas Muhammadiyah Bengkulu 1 peserta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) 7 peserta, Universitas Pekalongan 3 peserta, Universitas Pendidikan Indonesia 1 peserta, Universitas Sumatera Utara 2 peserta, Universitas Terbuka Jember 1 peserta, dan IAIN Pekalongan  43 peserta.

Dalam sambutan pembukaan lomba, Kepala Perpustakaan IAIN Pekalongan Hj. Junaeti, S.Sos., MM menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah mengikuti lomba Resensi Buku Tingkat Nasional tahun 2021. Terlepas dari hasilnya, Junaeti mengungkapkan yang terpenting adalah teman-teman mahasiswa sudah berusaha maksimal dengan mengirimkan karya terbaiknya. “Bagi kami, pemenang yang sesungguhnya adalah mereka yang sudah mengirimkan naskah lomba resensi hingga batas waktu yang ditentukan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Junaeti mengungkapkan bahwa kesuksesan acara tingkat nasional ini adalah berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak, baik pimpinan tertinggi IAIN Pekalongan dan jajarannya, serta tim perpustakaan yang telah menyiapkan acara dari perencanaan, pelaksanaan, pengumuman dan evaluasi setelah acara selesai. Jika tidak ada kerja sama yang baik dari berbagai pihak, maka mustahil kegiatan lomba dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

Adapun juara lomba Resensi Buku Tingkat Nasional Perpustakaan IAIN Pekalongan tahun 2021 adalah sebagai berikut: Juara I Muhammad Farhansyah (Universitas Sumatera Utara), Juara II Silvia Bidayah Nafsani (UNUSIA), Juara III Uswatun Khasanah (IAIN Pekalongan), Juara Harapan I Muhammad Addi Syirfan (Universitas Pekalongan), Juara Harapan II Hani Amrina Rosyada (IAIN Pekalongan) dan Juara Harapan III Diah Arum (IAIN Pekalongan).

Dalam Lomba Resensi Tingkat Nasional tahun 2021 bertindak sebagai Dewan Juri, yakni: Pustakawan UGM Dr. Purwiani Istiana, S.IP, M.A, pustakawan UNS Dinar Puspita, S.Sos, M.IP, dan guru SMP Negeri 14 Pekalongan Ernika Sondang Sugi Hastuti Sinaga, S.Pd.


Reporter   : Anik Maghfiroh

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…