Wisuda IAIN Pekalongan, Rektor Ajak Wisudawan Jadi Insan Berdikari

02 December 2021

Pekalongan (2/12) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar wisuda periode II untuk Program Sarjana ke-42 dan Program Magister ke-14 tahun akademik 2020/2021 secara drive thru. Wisuda dilaksanakan di halaman depan Gedung Fakultas Ekonomi dan  Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan pada Rabu, 1 Desember 2021. 

Mengangkat Tema “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Rangka Melahirkan Intelektual Muslim Indonesia yang Moderat dan Toleran”, kegiatan wisuda dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Wisuda periode ini merupakan wisuda kedua IAIN Pekalongan yang dilaksanakan secara drive thru, setelah pada periode sebelumnya dilaksanakan secara online. Total wisudawan pada periode ini berjumlah 631 meliputi 615 wisudawan dari Program Sarjana dan 16 wisudawan dari Program Magister.

Dalam Sidang Terbuka Senat IAIN Pekalongan, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan yang telah diwisuda. Dalam sambutannya, Zaenal menyampaikan bahwa gelar yang sudah diraih merupakan hasil dari kerja keras, ketekunan dan keuletan. “Harapannya lulusan IAIN Pekalongan menjadi agen-agen perubahan sebagai intelektual muslim Indonesia yang moderat dan toleran,” papar Zaenal.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Zaenal juga menyampaikan bahwa dalam konteks IAIN Pekalongan, merdeka belajar dimaknai sebagai mana gagasan Ki Hadjar Dewantara yang menyatakan bahwa pendidikan didasarkan kepada asas kemerdekaan, yang artinya manusia diberi kebebasan dari Tuhan yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan berdasarkan aturan yang ada dalam agama dan masyarakat.

Zaenal Menambahkan bahwa kunci keberhasilan implementasi kebijakan MBKM di sebuah perguruan tinggi adalah adanya keberanian dalam mengubah pola pikir dari pendekatan kurikulum berbasis konten yang kaku menjadi kurikulum berbasis capaian pembelajaran atau outcame based learning yang adaptif dan fleksibel guna menyiapkan mahasiswa menjadi insan dewasa yang mampu berdikari.

Dalam kesempatan yang sama, Zaenal juga menyampaikan pesannya kepada wisudawan. “Saya berpesan kepada seluruh wisudawan di manapun  anda berada, jagalah nama baik almamater IAIN Pekalongan, konsisten untuk  terus berprestasi, menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik kepada semesta, kepada sesama, mengabdi untuk agama, bangsa dan negara serta dunia,” pungkasnya.


Reporter  : Nizmatul Laely

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…