DEMA IAIN Pekalongan Luncurkan Buku Kumpulan Tulisan Mahasiswa

14 December 2021

Pekalongan (14/12) – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Pekalongan adakan Webinar Nasional dengan tema “Rindu Kampus” sekaligus launching buku berjudul “What This is Student?” pada Sabtu, 11 Desember 2021 via Zoom Meeting.

Acara ini mengundang enam tokoh nasional sebagai narasumber yaitu Prof. Ir. Nizam, M.Sc. (Plt. Dirjen Diktiristek), KH. M. Jadul Maula (Ketua PP Lesbumi NU), Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A (Deputi Bidang Pengembangan Pemuda KEMENPORA RI), Nur Sayyid Santoso Kristeva, M.A (Penulis Buku Manifestor Wacana Kiri), Gus M. Fayyadl, M.Phil (FNKSDA Aktivis Islam Progresif), dan Putri Khairunnisa, S.Ikom (Ketua DPP KNPI Miss Asia Indonesia 2017).

Webinar nasional yang diselenggarakan membahas isu-isu sosial yang sedang ramai dan hangat diperbincangkan di tengah masyarakat, seperti kekerasan seksual dan penanganannya, peran ekologi dalam pendidikan perguruan tinggi, peran sosial budaya di dunia pendidikan saat ini, komersialisasi pendidikan dan lain sebagainya. Tercatat, 200 peserta hadir dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., dalam sambutan acara menyampaikan apresiasinya kepada DEMA IAIN Pekalongan atas rilisnya buku berjudul “What This is Student?”. “Saya turut bangga, di tengah kondisi pandemik dengan segala keterbatasan yang ada mahasiswa masih tetap eksis dalam menuangkan gagasan dan fikirannya sehingga dapat menghasilkan sebuah karya,” kata Zaenal.

Zaenal menambahkan, mahasiswa memiliki peran sangat signifikan dalam mengahadapi society 5.0 perlu adanya inovasi-inovasi sehingga dapat melahirkan kreasi dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan. Sebagaimana dengan adagium innovate or die, karena keterampilan pada abad 21 menghendaki setiap individu memiliki wawasan literasi digital yang baik dan canggih.

Lebih lanjut, Zaenal berharap melalui berbagai macam kegiatan yang digagas DEMA dapat membekali keahlian kepada mahasiswa baik aspek literasi, kompetensi serta mampu memperkuat kepekaan terhadap kondisi sosial budaya dan kemasyarakatan sehingga mahasiswa bisa menjadi  katalisator keberagamaan moderat.

Ketua DEMA IAIN Pekalongan Kabinet Natashagraha 2021 Riril Widi Handoko mengungkapkan bahwa program penulisan karya dalam buku tersebut merupakan follow up dari kegiatan Sekolah Literasi yang telah dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Selanjutnya alumni dari kegiatan tersebut bersama dengan beberapa anggota DEMA yang lainnya diarahkan menciptakan karya yang kemudian dikompilasi untuk dibukukan secara bersama-sama.


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…