Perluas Syiar Islam, IAIN Pekalongan Jalin Kerjasama dengan Kabupaten Kaimana Papua Barat dan NTT

16 December 2021

Pekalongan (16/12) –  Institut Agama Islam Negeri Pekalongan (IAIN) Pekalongan menggelar acara serah terima Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 dari daerah asal Kabupaten Kaimana Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 15 Desember 2021. 

Acara ini merupakan aktualisasi dari program kerjasama antara IAIN Pekalongan dengan Pemerintah Kabupaten Kaimana Papua barat dan NTT. Bertempat di Ruang Meeting Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Kampus 2 IAIN Pekalongan, acara ini dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada S.P., dan Ketua MUI Kab. Kaimana Papua Barat KH. Zaein Farisa. Turut hadir pula secara virtual yaitu Wakil Sekretaris MUI Provinsi NTT Boli Tonda Baso.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H Muhlisin M.Ag menyampaikan bahwa mahasiswa yang sudah diterima berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 9 mahasiswa dari Kabupaten Kaimana dan 5 Mahasiswa dari Nusa Tenggara Timur. Keempat belas Mahasiswa ini tersebar di berbagai jurusan di IAIN Pekalongan. Muhlisin berharap jumlah mahasiswa yang masuk bisa bertambah setiap tahunnya dan kerjasama bisa ditingkatkan. Penyerahan mahasiswa secara resmi ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H Zaenal Mustakim, M.Ag kepada perwakilan mahasiswa baru.

Dalam sambutannya, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu upaya IAIN pekalongan sebagai Perguruan Tinggi Keislaman di Indonesia untuk menyiarkan dakwah Islam di seluruh daerah dan secara khusus daerah timur. “Alhamdulilah saya sangat bahagia sekali akhirnya kita bisa mewujudkan program kerjasama ini khususnya untuk daerah-daerah timur Indonesia. Program ini merupakan upaya peningkatan SDM dan upaya IAIN Pekalongan untuk menjalankan misi dakwah,” ungkap Zaenal.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, S.P. mengungkapkan bahwa program kerja sama antara IAIN Pekalongan dengan pemerintah Kabupaten Kaimana ini sangat sesuai dengan visi misi Kabupaten Kaimana dalam pengembangan sumber daya manusia. “Berkaitan dengan syiar dan dakwah di Kaimana, semoga nantinya kerjasama ini bisa di tingkatkan, saya berharap adik-adik yang sudah diterima di sini bisa memberikan semangat motivasi untuk anak-anak yang lain,” kata Hasbulla.

Lebih lanjut, Hasbulla berpesan kepada mahasiswa baru yang sudah diterima di IAIN Pekalongan agar selalu ingat daerahnya. “Anak-anakku belajar dengan baik karena Kaimana menunggu kalian, jangan sia-siakan pejuangan pendidikan di sini, selalu ingat orangtua kalian, kuliah harus bawa hasil. Saya serahkan calon mahasiwa untuk mengikuti pendidikan di IAIN Pekalongan, semoga melalui program ini, Islam di Kaimana akan semakin berkembang,” tutup Hasbulla.

Rizki Rahmalia, salah satu mahasiswa baru asal Papua Barat, saat ditemui di lokasi acara menyampaikan terima kasih kepada IAIN Pekalongan atas program kerjasama ini. Rizki mengatakan sangat terbantu dengan diadakannya program ini. “Program ini merupakan program yang sangat bagus karena bisa mengurangi beban orang tua, setelah diberitahu ada program ini dari pemerintah, saya langsung daftar. Alhamdulillah sekarang bisa diterima di sini,” jelas Rizki.


Reporter    : Nizmatul Laely

Editor        : Dimas Prasetya

Redaktur    : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…