Bimtek Moderasi Beragama, Wakil Rektor III Ajak Alumni Jadi Duta Moderasi Agama

29 December 2021

Pekalongan (29/12) –  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan sukses laksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Moderasi Beragama dengan tema “Menyiapkan Lulusan PTKIN sebagai Agen dan Duta Moderasi Beragama di Era Revolusi Industri 4”. Bertempat di Auditorium IAIN Pekalongan, kegiatan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut pada 27 s/d 29 Desember 2021.

Bimtek Moderasi Beragama merupakan program yang diinisiasi oleh Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswan di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama. Ditujukan bagi Alumni IAIN Pekalongan yang diwisuda pada periode Desember 2021, peserta yang hadir dibagi berdasarkan fakultas. Fakultas Ushuluddin Adab dan dan Dakwah (FUAD) dan Fakultas Syariah (FASYA) pada hari pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada hari kedua, dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) di hari ketiga.

Adapun narasumber yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Dr. Ihsan, M.Ag (Ketua FKUB Kabupaten Kudus) pada hari pertama, sedangkan narasumber pada hari kedua yakni Prof. Dr. Samsul Bahri, M.Ag (Darul Afkar Institut Solo). Di hari ketiga, hadir sebagai narasumber Dr. Sulhan Hakim, MM (Ketua LPPNU Purwokerto) dan Dr. Ilman Nafia, MA (Pengurus Darul Muttaqin Setya Bangsa Kota Cirebon).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin M.Ag menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan membekali alumni agar senantiasa memegang prinsip dan nilai-nilai Spirituality, Scientific, Enterpreneurship & Nationalism sebagaimana tagline IAIN Pekalongan. “Jika ada alumni terlibat dalam aktivitas ekstrimisme atau radikalisme, pihak kampus akan rekomendasikan untuk gelarnya dicopot,” papar Muhlisin.

Kegiatan ini menjadi komitmen kampus untuk menjadikan alumni sebagai salah satu pilar pengembangan kampus, di mana alumni berperan sebagai duta dan promotor kampus. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para alumni dapat menjadi duta-duta moderasi beragama yang dapat mempraktikkan dan menyebarkan sikap moderat dalam beragama kepada masyarakat luas.


Reporter  : Nizmatul Laely

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…