FGD Ormawa IAIN Pekalongan Bahas Empat Arah Pengembangan Kemahasiswaan

31 December 2021

Pekalongan (31/12) – Dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen dan tata kelola organisasi kemahasiswaan, IAIN Pekalongan menggelar Forum Group Discussion bersama para pimpinan ormawa di tingkat Institut. Acara yang bertajuk “FGD Tata Kelola Sistem Informasi Mahasiswa (Ormawa) IAIN Pekalongan” ini dilaksanakan di Auditorium Kampus Panjang pada Selasa (28/12).

Forum yang digelar sebagai pembekalan bagi calon pemimpin organisasi kemahasiswaan periode 2022 ini menghadirkan 2 (dua) narasumber, yakni Dr. Amiruddin Kuba, Kepala Seksi Kemahasiswaan PTKI Kemenag dan Ahmad Rosyid, S.E., M.Si, Kepala Unit Teknologi  Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) IAIN Pekalongan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama IAIN Pekalongan Dr. H. Muhlisin, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) organisasi kemahasiswaan sehingga program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan dapat beriorientasi pada peningkatan skill dan prestasi mahasiswa. “Kegiatan dan program kerja ormawa harus berorientasi pada peningkatan skill yang mendukung penerbitan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah) bagi lulusan IAIN Pekalongan, agar alumni kita memiliki keunggulan dalam hal kompetensi dan kompetisi dengan alumni dari kampus lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Kemahasiswaa PTKI Amiruddin Kuba dalam paparannya menjelaskan empat arah pengembangan kemahasiswaan, yakni pengembangan intelektualitas, pengembangan profesionalitas (bakat, minat dan keahlian), pengembangan sosial kemasyarakatan (kepekaan hati nurani) dan pengembangan karakter, moral dan akhlaqul karimah. Empat arah pengembangan tersebut direalisasikan dalam program-program pada tingkat regional, nasional dan internasional.

Adapun untuk tingkat regional, pada tahun 2021 Kemenag telah mengadakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) Jawa-Madura, Borneo Undergraduate Forum dan Pekan Olahraga (Kalimantan), dan Riset dan Ornamen Seni (Indonesia Timur). Sedangkan program yang dilaksanakan tingkat nasional di antaranya Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) PTK di Palembang pada 2021, Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) 2021, serta Pekan Seni & Olahraga Nasional (Pesona) yang akan dilaksanakan pada tahun 2022. Untuk program internasional, Kemenag akan mengadakan Student Mobility Program (SMP) ke negara-negara Barat dan Timur Tengah.

Pemateri kedua pada kegiatan ini, Ahmad Rosyid selaku Kepala UTIPD menegaskan bahwa UTIPD siap untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pemanfaatan dan pengelolaan informasi ormawa, baik dalam hal publikasi kegiatan, web ormawa maupun kepentingan lain yang mendorong bagi kemajuan ormawa di lingkungan IAIN Pekalongan.


Reporter  : Irfandi

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…