Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional LPTK IAIN Pekalongan Tahun 2021

31 December 2021

Pekalongan (31/12) – Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menyelenggarakan acara Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional selama dua hari. Acara ini merupakan pamungkas bagi mahasiswa/i gelombang 1 dan 2 yang telah menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru di IAIN Pekalongan.

Acara Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional dilakukan selama dua hari, berlangsung pada tanggal 30 dan 31 Desember 2021 di Hotel Horison Pekalongan. Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan selaku Kepala Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) PPG IAIN Pekalongan melaporkan penyelenggaraan PPG Gelombang 1 dan 2. Beberapa laporan yang disampaikan oleh Dekan FTIK, Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M. Ag diantaranya jumlah mahasiswa gelombang 1 dan 2 berjumlah 380 yang terdiri atas 230 mahasiswa PAI dan 150 mahasiswa Madrasah. Sumber pembiayaan pendidikan profesi guru ini berasal dari APBN dan APBD Kota Pekalongan serta APBD Kota Tegal.

Dalam proses perjalanan mengikuti Pendidikan PPG banyak lika-liku problema yang dihadapi oleh mahasiswa. Terdapat 1 mahasiswa yang berasal dari kota Tegal yang meninggal dunia selama masa pendidikan.  Untuk jumlah peserta yang lulus dan menjadi Guru Profesional sejumlah 333. Di akhir sambutannya Dekan FTIK IAIN Pekalongan mendoakan “Semoga sahabat- sahabat kita yang belum lulus dimudahkan untuk mengikuti ujian dan lulus serta bisa menjadi Guru Profesional”.

Yudisium dan pengukuhan hari pertama dilakukan langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim M. Ag. Pada kesempatan yang bersejarah ini, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim M. Ag., mengklasifikasikan 4 tingkatan level guru. Level pertama adalah guru biasa yang hanya bisa mengajar, level kedua yaitu guru baik yang bisa mengajar dan menjelaskan, level guru ketiga yaitu guru hebat bisa mengajar, menjelaskan dan menjadi contoh. Level tertinggi  yang keempat adalah guru inspiratif yang mampu mengajar hingga menginspirasi. Diharapkan setelah lulus dari program PPG ini guru tidak hanya berada di level 1 tetapi meningkat hingga level empat. 

Pada hari ke dua, laporan pelaksanaan PPG disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FTIK IAIN Pekalongan Dr. Muhammad Jaeni, M.Pd., M.Ag dan pengukuhan dilakukan oleh Wakil Rektor IAIN Pekalongan Prof. Dr. Maghfur, M.Ag. Wakil Rektor 1 IAIN Pekalongan dalam sambutannya menyampaikan pesan agar guru mencintai profesi dan jangan puas terhadap apa yang telah kita miliki baik itu pengetahuan maupun keterampilan. Beliau juga berpesan “Bukan orang kuatlah yang hebat tapi orang yang mampu beradaptasi dengan baik sehingga harus terus belajar, belajar, dan belajar”.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini berjalan dengan hikmat dengan memperhatikan protokol kesehatan. Diakhir acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ketua Jurusan PAI FTIK IAIN Pekalongan Dr. H. Salafudin, M. Si._(MAS) 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…