Rektor Resmi Buka Porseni IAIN Pekalongan Tahun 2022

19 May 2022

Pekalongan (19/05) – Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) IAIN Pekalongan tahun 2022 resmi dibuka oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. Pembukaan Porseni berlangsung di halaman depan gedung FEBI IAIN Pekalongan Kampus Kajen, Kabupaten Pekalongan pada Kamis, (19/5/2022). Upacara pembukaan ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Rektor IAIN Pekalongan. Hadir dalam acara tersebut para Wakil Rektor, para Dekan dan para Wakil Dekan 3 di lingkungan IAIN Pekalongan.

Pagelaran yang mengusung tema “Membudayakan Sportivitas, Harmoni, dan Prestasi Kampus yang Lebih Kompetitif dan Terkemuka di Tingkat Nasional maupun Global” ini mendapatkan sambutan antusias dari mahasiswa dan seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan. Pada pembukan Porseni sendiri dihadiri oleh semua kontingen dari empat fakultas yang ada di IAIN Pekalongan.

Meski kali pertama digelar, ajang ini diikuti oleh 344 peserta lomba yang terdiri dari 237 atlet cabang olahraga dan 107 peserta lomba cabang seni. Keseluruhan peserta tersebut merupakan delegasi dari Fakultas Syariah sebanyak 63 atlet, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 91 atlet, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  85 atlet, dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah 105 atlet.

Adapun lomba yang akan dipertandingkan terdiri dari 10 cabang olah raga dan 11 cabang seni. Untuk cabang olah raga yaitu Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Takewondo, Bola Voli, Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal dan Panjat Tebing. sedangkan cabang seni yaitu Musabaqah Tilawatil Quran/MTQ, Muzabaqah Hifdzil Quran/MHQ, Musabaqah Syarhil Quran/MSQ, Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Puitisasi Terjemah al-Quran, Qasidah Modern, Film Pendek, Stand Up Comedy, Monolog dan Kaligrafi.

Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Porseni 2022. “Sebagai wujud apresiasi, kami akan memberikan Piala rektor yang akan diberikan kepada fakultas yang mendapatkan medali emas terbanyak,” ungkap Zaenal. Zaenal juga berharap Porseni bisa menjadi agenda rutin, baik satu atau dua tahun sekali.

Zaenal menyampaikan selain untuk persiapan mengikuti Pesona 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Porseni merupakan wahana untuk mengasah skills dan bakat minat serta mengimplementasikan nilai-nilai kehidupan. “Di dalam olahraga dan seni mengandung nilai-nilai yang harus dipedomani dalam kehidupan sehari-hari. Ada kerjasama, keuletan, kesabaran, kedisiplinan, kejujuran, sportivitas, manajemen waktu dan nilai-nilai lain yang linier dengan pedoman hidup sehari-hari,” tambah Zaenal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muhlisin, M.Ag selaku penggagas dan penanggung jawab kegiatan menyampaikan empat tujuan Porseni IAIN Pekalongan. Pertama untuk mencari dan menelusuri bakat mahasiswa, kedua menyiapkan kontingen IAIN Pekalongan untuk mengikuti kegiatan Pesona di UIN Bandung, ketiga mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dan antar fakultas, dan keempat meningkatkan prestasi non akademik mahasiswa. “Kegiatan ini sangat penting untuk mencari talenta olahraga dan seni yang dimiliki oleh mahasiswa,” ungkap Muhlisin.

Untuk menjaga sportivitas dan objektivitas, panitia menghadirkan wasit dan juri profesional dari eksternal maupun internal kampus. Panitia menjamin penilaian dan penjurian dilakukan secara objektif dan terbuka sehingga menghasilkan para juara yang memang layak mendapatkannya dan dipertimbangkan untuk didelegasikan pada kegiatan Pesona 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Reporter  : Irfandi dan Baryachi

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…