Hasil PORSENI 2022, FEBI Berhasil Raih Juara Umum

21 May 2022

Pekalongan (21/5) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) berhasil menjadi juara umum pada pagelaran Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) IAIN Pekalongan tahun 2022. Pengumuman pemenang kejuaraan semua cabang olahraga dan seni disampaikan pada upacara penutupan PORSENI pada Sabtu, 21 Mei 2022 di Halaman Gedung FEBI Kampus II IAIN Pekalongan, Rowolaku, Kajen.

Upacara penutupan tersebut sekaligus menandakan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan PORSENI 2022 yang telah berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak tanggal 19 s/d 21 Mei 2022. Keseluruhan perlombaan baik cabang olahraga maupun seni diadakan di Kampus II IAIN Pekalongan. Dengan raihan juara umum pada PORSENI 2022 maka FEBI berhak menerima Piala Rektor yang diserahkan langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., dalam laporannya menyampaikan bahwa PORSENI 2022 telah berlangsung dengan sukses dan lancar. “Terlepas ada beberapa kekurangan, Alhamdulillah PORSENI perdana di IAIN Pekalongan telah berjalan dengan sangat baik,” ungkapnya. Muhlisin menyebut, kegiatan PORSENI juga sukses meningkatkan antusias dan semangat berkompetisi antar fakultas dan antar mahasiswa IAIN Pekalongan.

“PORSENI ini sangat membawa dampak positif bagi mahasiswa, saya lihat yang tadinya mahasiswa ragu-ragu, dengan even ini berani tampil dan menunjukkan potensinya,” tambah Muhlisin. Hal ini sesuai dengan tujuan awal dilaksanakannya PORSENI yakni sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan berbagai potensi dan kecerdasan di bidang non akademik, secara khusus di bidang olahraga dan seni. “Perlu dingat juga hasil PORSENI ini bagi mahasiswa dapat dijadikan sebagai kompetensi penunjang sebagai persyaratan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI),” pungkas Muhlisin.

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., dalam pidato penutupan acara mengucapkan selamat kepada para juara PORSENI baik kategori perorangan maupun kategori beregu. Rektor menyebut, PORSENI yang pertama kali diselenggarakan di IAIN Pekalongan telah berlangsung dengan meriah. “Saya juga ucapkan  selamat untuk Wakil Rektor III dan seluruh panitia PORSENI atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan acara bersejarah ini, dan ini juga menjadi kabar baik karena sebentar lagi IAIN Pekalongan akan beralih status menjadi UIN Pekalongan,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan, kegiatan PORSENI sebagai persiapan menuju even Pekan Seni Olahraga Nasional (PESONA) yang akan digelar pada Juli tahun 2022 di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Karena itu, Rektor berharap agar para juara pada semua kategori di PORSENI dapat terus dibina dan dilatih agar siap berkompetisi pada even bergengsi tersebut. “Kita harus menunjukkan bahwa mahasiswa IAIN Pekalongan dapat bersaing dengan mahasiswa dari kampus PTKIN lainnya dan tentunya dapat meraih juara. Saya sebutkan di sini bagi para juara di PESONA nanti akan diberikan reward yang sepadan,” pungkas Rektor.

Pada pagelaran PORSENI tahun 2022, berdasarkan perolehan medali peringkat pertama atau juara umum diraih oleh FEBI dengan total 22 medali dengan rincian 12 medali emas, 7 medali perak dan 3 medali perunggu. Pada urutan kedua diraih oleh FTIK dengan total 36 medali dengan rincian 11 medali emas, 15 medali perak, dan 9 medali perunggu. Berikutnya berurutan peringkat ketiga oleh FUAD dengan total 21 medali (7 emas, 3 perak, dan 11 perunggu) dan peringkat keempat yakni FASYA dengan raihan 26 medali (6 emas, 10 perak, dan 10 perunggu).


Reporter  : Dimas Prasetya

Editor       : Anik Maghfiroh

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…