Sambut Menuju UIN KH.Abdurrahman Wahid, IAIN Pekalongan Gelar Reviu Kurikulum

30 May 2022

Pekalongan (30/05) - Sebagai langkah nyata menjaga dan meningkatkan mutu institusi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan kegiatan reviu kurikulum tingkat institut. Acara  dilaksanakan dalam waktu 2 hari, yakni tanggal 27 dan 30 Mei 2022 di Hotel Khas Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari pimpinan tingkat Senat, Institut, Fakultas, Program Studi, dan unit dalam lingkup IAIN Pekalongan.

Dalam kegiatan Reviu kurikulum tingkat institut pada IAIN Pekalongan mengundang 2 pakar kurikulum tingkat perguruan tinggi di Indonesia. Pemateri hari pertama kegiatan, 27 mei 2022 diampu oleh Prof, Dr, M. Mukhsin Jamil M. Ag. Beliau adalah Guru Besar Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pemateri hari kedua, 30 Mei 2022 diampu oleh Prof, Dr, Sutrisno, M. Ag Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Pekalongan, Prof. Dr. Maghfur, M.Ag.  Dalam sambutannya, Prof. Maghfur menyampaikan, IAIN perlu melakukan reviu kurikulum menghadapi semua perubahan yang perlu disikapi. “Kita perlu regulasi tentang mata kuliah wajib yang perlu diajarkan seperti agama, pancasila, bahasa indonesia,” ungkap Prof. Maghfur. “Kurikulum juga perlu diperbaharui sesuai dengan ketrampilan abad 21 seperti kemampuan menyelesaikan masalah, perkembangan sains, dan isu-isu terkini,” tambah Prof. Maghfur.

Prof, Dr, M. Mukhsin Jamil M. Ag. menyampaikan bahwa reviu kurikulum idealnya dilaksanakam setiap 2 tahun sekali, sedangkan perubahan kurikulum dilaksanakan paling lambat 5 tahun sekali. “IAIN Pekalongan yang sedang berproses menjadi UIN, mempunyai banyak hal untuk dikerjakan dalam bidang kurikulum dalam menjaga mutu,” ujar Prof. Mukhsin.

Prof, Dr, M. Mukhsin Jamil M. Ag. juga menyampaikan  terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang juga sedang digagas perencanaan dan pengimplementasiannya di IAIN Pekalongan. Prof. Mukhsin mengungkapkan, dalam menyongsong MBKM, IAIN Pekalongan perlu memperhatikan tentang ketrampilan abad 21. Ketrampilan abad 21 bisa  direspon lewat 2 skema, yakni : relaksasi kurikulum lama dan Restrukturisasi kurikulum baru sesuai tuntutan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 


Reporter             : Sulistiyono

Editor                 : Baryachi

Redaktur            : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…