Dukung Kampus Ramah Anak, Perpustakaan IAIN Pekalongan Resmikan Fasilitas Kids Corner

31 May 2022

Pekalongan (31/05) – Dukung perwujudan kampus yang ramah anak, Perpustakaan IAIN Pekalongan resmikan fasilitas Kids Corner pada Selasa (31/05) di lantai 2 Perpustakan IAIN Pekalongan Kampus Kajen. Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Drs. Moh. Muslih, Ph.D., hadir secara langsung untuk meresmikan Kids Corner. Turut hadir dalam acara tersebut yakni Dekan FTIK, Kajur dan Sekjur Jurusan PIAUD dan PGMI, Ketua PSGA LP2M IAIN Pekalongan dan perwakilan mahasiswa IAIN Pekalongan.

Dalam sambutannya, Muslih mengungkapkan salah satu impian besar IAIN Pekalongan adalah memiliki Perpustakaan yang representatif. “Dengan keberadaan Kids Corner tentunya akan mendukung Perpustakaan yang semakin representatif, yang dapat meningkatkan layanan bagi seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan,” jelas Muslih. Pada kesempatan tersebut, Muslih juga menyampaikan harapannya agar pada tahun 2023, Perpustakaan IAIN Pekalongan dapat meraih akreditasi A. “Untuk mencapai target itu, kami akan support dengan berbagai dukungan termasuk kegiatan benchmarking ke perpus lain sebagai sarana belajar dan membangun kerja sama,” sambung Muslih.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan IAIN Pekalongan, Hj. Junaeti, S.Sos.,M.M. dalam laporannya menuturkan, fasilitas Kids Corner bertujuan untuk menjembatani sivitas akademika secara khusus jurusan PIAUD dan PGMI agar dapat menggunakannya sebagai laboratorium pendidikan. Junaeti menambahkan, Kids Corner juga dimaksudkan sebagai respon terhadap tuntutan kampus yang responsif terhadap gender dan anak. "Perpus berusaha mendukung kampus yang ramah terhadap anak maka dari itu kami berinisiatif memberi ruang untuk anak dan ibu, dalam hal ini juga ada ruang laktasi," papar Junaeti.

Lebih lanjut, Junaeti mengatakan, secara bertahap fasilitas yang sudah ada akan dilengkapi sesuai perkembangan zaman dan dilengkapi dengan sarana edukasi yang bisa merangsang perkembangan otak anak-anak. “Sekali lagi, ini adalah wujud dukungan kami untuk IAIN Pekalongan dalam mewujudkan visi dan misi IAIN Pekalongan dalam mewujudkan kampus responsif gender dan semoga fasilitas ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh sivitas akademika,” pungkas Junaeti.

Ditemui di lokasi acara, Ketua Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) IAIN Pekalongan, Ningsih Fadhilah, M.Pd., menyampaikan apresiasinya atas peresmian Kids Corner di Perpustakaan IAIN Pekalongan. Kehadiran Kids Corner menjadi bukti bahwa IAIN Pekalongan adalah kampus yang responsif terhadap gender dan anak. Ningsih menyebut, Kids Corner akan membuka cara pandang baru tentang Perpustakaan. “Perpustakaan itu merupakan tempat yang nyaman, dengan adanya sarana bermain, sarana belajar dan alat permainan edukatif yang mendukung mereka untuk tumbuh berkembang dan mencintai dunia literasi di masa depan,” ujar Ningsih.

Acara peresmian gedung Kids Corner ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan yang didampingi Kepala Perpustakaan IAIN Pekalongan. Setelah pemotongan pita, acara dilanjutkan dengan kegiatan Story telling untuk anak-anak usia dini yang disampaikan oleh Maslikhatul Umami mahasiswa PIAUD IAIN Pekalongan.


Reporter  : Baryachi

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…