Dua Mahasiswa IAIN Pekalongan Raih Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

08 June 2022

Pekalongan (08/06) – Rizki Andrean dan Muhammad Bagus Aminuddin, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan meraih juara 1 Lomba Karya Tulis Nasional yang diselenggarakan oleh Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi Syariah (Fornas Mesya) Indonesia. Lomba Karya Tulis Nasional dimulai sejak tanggal 1 Mei 2022 s/d tanggal 3 Juni 2022 dan dilaksanakan secara blended, daring dan luring.

Babak kualifikasi lomba dimulai secara daring sejak 1 - 24 Mei 2022. Kemudian untuk babak final (presentasi) dilaksanakan secara luring pada 2 Juni 2022. Selanjutnya, pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Nasional disampaikan dalam satu rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Fornas Mesya Indonesia yang dilaksanakan di IAIN Bone pada 2-4 Juni 2022.

Adapun tema yang diangkat dalam lomba ini, yakni "Digital Technology Automation Movement untuk Mendorong Keuangan Syariah Era Metaverse". Dalam kompetisi ini, Rizky Andrean (mahasiswa semester 6) dan M. Bagus Aminudin (mahasiswa semester 4) yang sama-sama dari Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengangkat judul karya tulis “WakafArta.id: Platform Pendayagunaan Wakaf Tunai untuk Pengembangan UMKM Sektor Informal Berbasis Halalpreneurship".

Dihubungi pasca pengumuman lomba, Rizki menyebut gagasan dalam karya tulis muncul karena melihat negara Indonesia yang memiliki potensi wakaf tunai yang besar pada UMKM sektor informal yang berbasis industri halal. “Karya tulis ilmiah ini menawarkan ide berupa WakafArta.id yaitu suatu platform crowdfunding dengan tujuan pendayagunaan wakaf tunai untuk pengembangan UMKM sektor informal berbasis halal preneurship,” papar Rizki.

Kemudian peserta lainya yakni Bagus, atas pencapaian prestasi ini ia mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan. “Tak lupa, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Dekan FEBI, Ibu Dr. Shinta Dewi Rismawati, M.H., Wakil Dekan III FEBI, Bapak Drs. Achmad Tubagus Surur, M. Ag., Ketua Jurusan Ekonomi Syariah, Bapak M. Aris Safi'i, M.E.I., dan Dosen Pembimbing LKTI, Bapak Dr. Hendri Hermawan Adinugraha, M.S.I. yang telah memberikan segenap doa dan dukungannya,” ungkap Bagus.

Sebagai pembimbing lomba LKTI, Dr. Hendri Hermawan Adinugraha, M.S.I, merasa senang dan haru karena bisa mengantarkan mahasiswa IAIN Pekalongan berprestasi di kancah nasional. “Semoga ke depan bisa bermunculan lebih banyak lagi mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, agar mahasiswa bisa go nasional bahkan internasional, demi kemajuan institusi kita tercinta, IAIN Pekalongan,” ucap Hendri.


Reporter : Baryachi

Editor     : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…