Bangkitkan Semangat Wirausaha Mahasiswa, IAIN Pekalongan Gelar Pelatihan Micro Business Game

13 June 2022

Pekalongan (13/06) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) menggelar Training of Trainer Micro Business Game (ToT MBG) Batch II, sebelumnya untuk batch I sudah dilaksanakan pada bulan Mei lalu. Pelatihan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan, Rowolaku, Kajen pada Rabu-Kamis tanggal 8-9 Juni 2022 dan diikuti oleh satu perwakilan mahasiswa di setiap prodi yang mempunyai usaha sekala mikro.

Pembukaan pelatihan ToT MBG dilaksanakan pada Rabu (8/5) jam 09.00 WIB oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Turut hadir dalam pembukaan acara yakni Ketua Tim Pemasaran Bank Jateng Cabang Pekalongan, Tri yuliati dan perwakilan sekaligus pembicara dari Tim Micro Business Game (MBG) Jawa Tengah, Lintang Nova.

Dalam sambutannya, Muhlisin memberikan apresiasi kepada seluruh peserta Micro Business Game yang ditengah aktifitasnya sebagai mahasiswa juga memiliki fokus mengelola usahanya sendiri baik dibidang pangan, sandang, bahan bangunan bahkan peternakan. “Setiap mahasiswa pasti punya kecenderungan pada bidang tertentu dan hal ini perlu kita cover. Adanya pelatihan ini dalam rangka membekali mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship agar kedepan benar-benar siap terjun di masyarakat sebagai pengusaha yang memiliki dasar ilmu,” ungkap Muhlisin.

Lebih lanjut, Muhlisin menambahkan bahwa membangkitkan semangat berwirausaha pada diri mahasiswa bagian dari implementasi konsep kurikulum kampus merdeka belajar yang kini gencar di gaungkan. “Saya harapkan mindset yang dimiliki para mahasiswa ini tidak semuanya ingin menjadi pegawai negeri, kalau latihan usaha atau berwirausaha ini malah lebih baik. Karena tidak perlu menggantungkan kerja dari orang lain namun malah justru dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang,” tutup Muhlisin.

Pada sesi materi, Lintang Nova membahas beragam strategi dalam mengelola usaha. “Berwirausaha bukan hanya sekedar jual beli. Banyak hal penting yang perlu dipahami, seperti laporan pembukuan yang tertata, teknik marketing yang tepat serta kesiapan diri dalam menghadapi segala kemungkinan berkaitan dengan bisnis yang dijalankan”, pungkas Lintang. Pelatihan ini diadakan guna mengembangkan potensi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dan juga mendukung perkembangan ekonomi daerah, khususnya melalui pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Baryachi

Redaktur : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…