Sejumlah Pejabat Baru IAIN Pekalongan Lakukan Sertijab

07 April 2021

Pekalongan (5/4) – Kepemimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan periode 2017-2021 telah berakhir, saatnya memasuki era baru dalam kepemimpinan di lingkungan IAIN Pekalongan periode 2021-2025. Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2017 tentang Statuta Institut Agama Islam Negeri Pekalongan mengisyaratkan bahwa masa jabatan Rektor dan seluruh pejabat perangkat akademik adalah 4 (empat) tahun, sehingga setiap 4 tahun sekali dilakukan suksesi kepemimpinan.

Setelah Rektor dilantik oleh Menteri Agama pada 2 Maret 2021, kemudian dilakukan pengisian struktur jabatan tahap I melalui proses penjaringan/seleksi dan yang terpilih (lolos seleksi) telah dilantik pada 1 April 2021. Karenanya, sejumlah pejabat terpilih melakukan serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama ke pejabat baru.

Sejumlah pejabat yang melakukan sertijab di antaranya: 1) Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan yang semula dijabat Dr. H. Muhlisin, M.Ag menyerahkan tugas jabatannya kepada Dr. Maghfur, M.Ag; 2) Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, semula dijabat Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag (saat ini diangkat menjadi Rektor-red) menyerahkan tugasnya kepada Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D; 3) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, semula dijabat Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D menyerahkan tugasnya kepada Dr. H. Muhlisin, M.Ag; 4) Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, semula dijabat Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag menyerahkan tugasnya kepada Dr. H. Sam’ani, M.Ag; 5) Direktur Pascasarjana, semula dijabat Dr. H. Makrum, M.Ag menyerahkan tugasnya kepada Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag (Rektor periode 2017-2021_red); 6) Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, semula dijabat Dr. Maghfur, M.Ag menyerahkan tugasnya kepada Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag; dan 7) Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, semula dijabat Amat Zuhri, M.Ag menyerahkan tugas jabatannya kepada Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag.

Sementara itu, jabatan yang lain tidak melakukan sertijab karena dijabat oleh orang yang sama (terpilih kembali-red). Pejabat yang terpilih kembali adalah Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. H. Akhmad Jalaluddin, M.A sebagai Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, M.H sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Liputan tim humas Bagian Umum menyaksikan berbagai model acara sertijab yang diselenggarakankan masing-masing pejabat. Dr. Muhlisin misalnya, memberikan buku Memori Kepemimpinan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Periode 2017-2021 sebagai tanda penyerahan estafet kepemimpinan. Moh. Muslih Ph.D menyerahkan rancangan dokumen kerja Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Demikian juga pejabat yang lain, menyerahkan dokumen kinerja dan program kerja ke depan dalam bentuk dan model yang lain pula.

Dalam acara sertijab, Dr. Muhlisin menyampaikan beberapa capaian yang telah ditoreh pada bidang akademik dan kelembagaan, seperti akreditasi program studi dengan perolehan nilai A terbanyak, beberapa jurnal yang telah terakreditasi Sinta 2, serapan alumni di dunia kerja, dan capaian kinerja lainnya yang cukup membanggakan. Sementara Dr. Maghfur dalam meningkatkan kinerja ke depan akan menekankan isu-isu yang perlu direspon secara positif dalam tradisi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai kinerja akademik. Selain itu, isu moderasi beragama dan konsep “Kampus Merdeka” yang sejatinya memanusiakan manusia juga perlu direspon sesuai perkembangan zaman.

Berbeda dengan yang lain, Moh. Muslih, Ph.D berpesan kepada penerusnya agar lebih menekankan pada kinerja yang belum terselesaikan, misalnya persiapan kegiatan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) yang akan dilaksanakan tahun ini. Lebih lanjut, Moh. Muslih berpesan agar meneruskan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dengan mengadaptasi PKM Nasional dari Kemendikbud dan juga tracer study melalui koordinasi intensif dengan Ketua Alumni IAIN Pekalongan. Begitu juga dengan pejabat yang lain, mereka menguraikan beberapa progress kinerja dan program kerja yang perlu dilanjutkankan oleh penerusnya. Sementara pejabat yang baru memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja yang telah dicapai dan merespon positif terhadap program kerja yang diwariskan serta akan meningkatkan dengan semaksimal mungkin.

 


Penulis    :  Saifuddin

Editor      :  Saiful Anam

Redaktur :  Humas Bagian Umum

 
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…