Dosen & Tendik IAIN Pekalongan Siap Kerja Penuh Waktu di Bulan Ramadhan 1442 H

14 April 2021

Pekalongan (14/04) – Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 09 Tahun 2021 tentang Penetapan Jam Kerja pada  Bulan Ramadhan 1442 Hijriah Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Instansi Pemerintah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan merilis Surat Edaran (SE) Nomor 522 Tahun 2021 tentang Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadhan 1442 Hijriah di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. 

SE Rektor IAIN Pekalongan Nomor 522 Tahun 2021 tersebut secara umum berisi tentang pengaturan sistem pelaksanaan tugas kedinasan pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah dan upaya pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pemetaan pelaksanaan tugas kedinasan di kantor (work from office) dan/atau  di rumah/tempat tinggal (work from home) berpedoman pada Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan Nomor: 1780/In.30/B.I.1/HM.00.06/2020 tentang Sistem Kerja  Pegawai Dalam Tatanan Normal Baru di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, yaitu seluruh tenaga kependidikan (tendik), calon dosen dan dosen yang diperbantukan sebagai tendik serta dosen yang menjabat (mendapat tugas tambahan) masuk kerja dengan sistem tugas kedinasan di kantor (work from office). Sedangkan dosen yang tidak mendapat tugas tambahan sebagai pejabat pelaksana akademik dapat melaksanakan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal (work from home). 

Dalam SE tersebut, diatur pula jam kerja seluruh dosen dan tendik di lingkungan IAIN Pekalongan selama Ramadhan 1442 H / 2021 M dalam lima hari kerja, yakni Senin sampai Kamis pukul 08.00-15.00, istirahat pukul 12.00-12.30 dan khusus Jum’at pukul 08.00-15.30, istirahat pukul 11.30-12.30. Adapun jumlah jam kerja efektif selama bulan Ramadhan 1442 H / 2021 M adalah sejumlah minimal 32,5 (tiga puluh dua koma lima) jam per minggu. Jam kerja tersebut berlaku bagi pegawai dan dosen yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office) maupun di rumah/rumah tinggal (work from home). 

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. menyampaikan bahwa SE Rektor IAIN Pekalongan Nomor 522 Tahun 2021 tersebut menjadi penegas bagi seluruh dosen dan tendik di lingkungan IAIN Pekalongan harus siap bekerja penuh waktu di bulan Ramadhan 1442 H. Dosen dan tendik yang bekerja penuh waktu adalah bentuk pengabdian terhadap bangsa dan negara meskipun dalam kondisi sedang berpuasa dan situasi pandemi Covid-19. “Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa tidurnya orang berpuasa dinilai sebagai ibadah, maka betapa mulianya orang yang bekerja sambil berpuasa,” terang Rektor. 

Lebih lanjut Rektor menambahkan bahwa bulan Ramadhan harus mampu menjadi momentum imsak (menjaga diri) dalam mengontrol dan melawan hawa nafsu demi mewujudkan kesuksesan yang hakiki. Sejarah mencatat bahwa kemenangan umat Islam dalam sejumlah peristiwa penting terjadi di bulan Ramadhan, dari mulai perang Badar yang terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-2 Hijriah, Fathul Makkah yang terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah, hingga beberapa peristiwa bersejarah lainnya. “Oleh karenanya, bulan Ramadhan bukanlah bulan untuk bermalas-malasan, akan tetapi bulan istimewa yang harus dijadikan refleksi diri menuju kualitas pribadi yang lebih baik dan bermartabat,” pungkasnya.

 


Reporter : Rahmat Kamal
Editor     : Saiful Anam
Redaktur : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…