Mahasiswa IAIN Pekalongan Terima Beasiswa Baznas

23 April 2021

Pekalongan (23/4) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah menyerahkan Beasiswa Baznas Provinsi Jawa Tengah Periode III kepada 35 mahasiswa IAIN Pekalongan dengan nilai total beasiswa mencapai Rp 130 Juta.

Penyerahan Beasiswa Baznas dirangkai dengan kegiatan pengarahan dan pembekalan bagi 35 mahasiswa penerima Beasiswa Baznas yang terdiri dari 30 mahasiswa sarjana dan 5 mahasiswa pascasarjana. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 22 April 2021 di Auditorium Kampus I IAIN Pekalongan. Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Pendaftaran Beasiswa Baznas Provinsi Jawa Tengah mulai dibuka pada tanggal 30 November hingga 4 Desember 2020. Sebanyak 241 mahasiswa IAIN Pekalongan ikut mendaftar dengan rincian 227 mahasiswa sarjana dan 14 mahasiswa pascasarjana. Dari 227 mahasiswa pendaftar, sebanyak 104 mahasiswa lolos seleksi tahap I (administrasi) yang kemudian berhak untuk ikut seleksi tahap II atau tahap akhir. Setelah dilaksanakan seleksi tahap II, tepat pada tanggal 19 April resmi ditetapkan 35 orang mahasiswa penerima Beasiswa Baznas Jateng dengan rincian 30 mahasiswa untuk program sarjana dan 5 mahasiswa untuk program pascasarjana. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., dalam laporannya menyampaikan seluruh proses seleksi Beasiswa Baznas dilaksanakan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan. “Seluruh proses pendaftaran hingga penetapan nama-nama mahasiswa penerima beasiswa dilakukan oleh pihak Baznas Provinsi Jawa Tengah dan dilakukan secara transparan,” ungkapnya. Dr. H. Muhlisin, M.Ag. menambahkan, bagi penerima Beasiswa Baznas wajib menandatangani dua Pakta Integritas baik dari Baznas Provinsi Jawa Tengah maupun dari IAIN Pekalongan. “Jadi, poin utama dari dua Pakta Integritas yang akan ditandatangi mahasiswa ini adalah mahasiswa penerima Beasiswa Baznas siap menjadi Duta Moderasi Beragama,” tegasnya.

 

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jawa Tengah yang telah mempercayakan penyaluran beasiswa kepada mahasiswa IAIN Pekalongan. Pada kesempatan yang sama, Rektor juga mengucapkan selamat kepada 35 mahasiswa IAIN Pekalongan penerima Beasiswa Baznas Provinsi Jawa Tengah. Rektor berpesan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan sebaik mungkin Beasiswa Baznas untuk kebutuhan perkuliahan. Dengan pemanfaatan beasiswa untuk kebutuhan perkuliahan, diharapkan mahasiswa akan semakin giat dan termotivasi untuk belajar dan meningkatkan prestasi. “Ingat beasiswa ini sebagai stimulan untuk peningkatan kualitas diri dan pengembangan diri,” tegas Rektor. 

Dengan disalurkannya Beasiswa Baznas ini, Rektor berharap agar kerja sama dan sinergi yang telah terjalin antara IAIN Pekalongan dan Baznas Jawa Tengah dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan. Secara khusus Rektor menyebut program kerjasama dengan Baznas Provinsi Jateng melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIN Pekalongan agar ke depannya dapat dimaksimalkan. UPZ IAIN Pekalongan merupakan unit atau wadah yang diperuntukkan khusus untuk  menghimpun dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan IAIN Pekalongan. “Insya Allah ke depan kita akan mencari format baru agar UPZ IAIN Pekalongan bisa berjalan lebih efektif dan maksimal dalam pengumpulan dana zakat dari pegawai IAIN Pekalongan,” pungkasnya. 

Senada dengan Rektor IAIN Pekalongan, Wakil Ketua IV Baznas Jawa Tengah Drs. K.H. Ahmad Hadlor Ihsan, mengungkapkan kedatangan Baznas Jateng ke IAIN Pekalongan sebagai sarana silaturahmi guna mempererat hubungan dan kerja sama antar kedua instansi. Adapun penyaluran Beasiswa Baznas kepada mahasiswa IAIN Pekalongan merupakan salah satu program penyaluran dana ZIS khusus bidang pendidikan yang diperuntukkan bagi para mustahiq (penerima zakat). Sebagai informasi, pada tahun 2020 Baznas Provinsi Jateng telah berhasil menghimpun dana sebesar 55 Miliar dari ASN yang berada di lingkup Provinsi Jawa Tengah termasuk dari ASN di IAIN Pekalongan. 

Sebagai penutup acara dilakukan penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Jateng, Drs. K.H. Ahmad Hadlor Ihsan kepada Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag. Kemudian penyerahan beasiswa secara simbolis dilanjutkan oleh Rektor IAIN Pekalongan kepada salah satu perwakilan mahasiswa. Pada acara penyerahan Beasiswa Baznas ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Baznas Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Ahyani, M.Si dan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Pekalongan Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si.


Penulis    :  Dimas Prasetya
Edit         :  Saiful Anam
Redaktur :  Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…