Tim Auditor Itjen Kemenag RI lakukan Audit Kinerja di IAIN Pekalongan

24 April 2021

Pekalongan (24/4) - Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melakukan kunjungan dalam rangka audit kinerja di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Audit kinerja oleh tim Itjen Kemenag ini berlangsung selama 17 hari, mulai 16 April s.d. 2 Mei 2021 berdasarkan Surat Tugas Inspektur Jenderal Kemenag RI Nomor 0587/IJ/042021. Tim auditor mengawali kegiatan dengan entry meeting dengan para pemangku jabatan di lingkungan IAIN Pekalongan pada Senin (19/04/2021) di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Rektorat, Kampus 1 IAIN Pekalongan.

Agenda kali ini, Itjen Kemenag RI diwakili oleh tim khusus beranggotakan sembilan orang, terdiri dari penanggung jawab, pengendali teknis, ketua tim, dan enam anggota. Penanggung jawab audit kinerja, Suhersi yang juga menjabat sebagai Inspektur Wilayah IV mengungkapkan bahwa kunjungan tim auditor Itjen Kemenag ke IAIN Pekalongan untuk melaksanakan audit kinerja penyelenggaraan tugas dan fungsi tahun anggaran 2020. “Salah satu tugas Itjen Kemenag tidak hanya melaksanakan fungsi pengawasan dan pembinaan di tingkat Kementerian, tetapi juga pada tingkat satuan kerja yang berada di bawah naungan Kemenag,” jelas Suhersi.

Pada saat entry meeting, Ketua Tim Auditor, Lutfi Anjayani memaparkan sasaran audit kinerja yang akan dilakukan di IAIN Pekalongan. Karena audit kinerja, maka sasaran pemeriksaan ini menyangkut menyeluruh aspek. Setidaknya ada 12 (dua belas) sasaran audit yaitu: 1) sistem perencanaan pengelolaan perguruan tinggi; 2) penyusunan program kerja; 3) sistem penyusunan anggaran; 4) pembagian tugas dan pengelolaan SDM; 5) sistem manajerial; 6) pengelolan anggaran; 7) pengelolaan kepegawaian dan tata laksana; 8) kegiatan pendidikan dan pengajaran; 9) kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; 10) pengelolaan kemahasiswaan; 11) evaluasi dan pelaporan; dan 12) pencapaian hasil (outcome). “Guna kelancaran tugas, tim auditor minta kepada seluruh pemangku jabatan di lingkungan IAIN Pekalongan agar menyiapkan data-data dan dokumen terkait sasaran audit tersebut”, pinta Lutfi Anjayani.

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., menuturkan bahwa audit kinerja oleh Itjen Kemenag menjadi momentum bagi IAIN Pekalongan untuk melakukan evaluasi terkait kinerja berbasis outcome dan sistem pengelolaan perguruan tinggi. “Evaluasi ini sangat berarti bagi IAIN Pekalongan untuk senantiasa melaksanakan pengelolaan pendidikan tinggi dengan baik dan benar, sehingga ke depan IAIN Pekalongan dapat memperbaiki kekurangan pengelolaan dan meningkatkan sistem kinerja yang berorientasi pada hasil,” terang Rektor saat sambutan entry meeting.

Senada dengan Rektor, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Drs. Moh. Muslih, Ph.D., menyampaikan bahwa seluruh pemangku jabatan di lingkungan IAIN Pekalongan sepenuhnya siap dalam menyambut audit yang dilakukan Itjen Kemenag. Moh. Muslih juga menjelaskan bahwa selama ini IAIN Pekalongan telah melaksanakan pengelolaan perguruan tinggi dan bekerja sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. “Meskipun telah dilakukan secara baik, namun tetap diperlukan audit oleh pihak berwenang untuk mengidentifikasi apa saja kekurangan dalam pengelolaan pendidikan tinggi di lingkungan IAIN Pekalongan,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK), Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si., menuturkan bahwa IAIN Pekalongan senantiasa mendukung audit kinerja yang dilakukan tim Itjen Kemenag. Meskipun baru saja diaudit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) pada bulan lalu, para pemangku jabatan di lingkungan IAIN Pekalongan harus siap diaudit dengan menyajikan dokumen-dokumen yang diperlukan. “Kita harus proaktif menyediakan dokumen yang dibutuhkan agar tugas tim auditor Itjen Kemenag berjalan lancar,” imbau Kepala Biro AUAK kepada jajaran pimpinan IAIN Pekalongan.


Penulis   : Fachri Ali
Editor    : Saiful Anam
Redaktur: Humas Bagian Umum

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…