Rektor IAIN Pekalongan Lantik Pejabat Pelaksana Akademik Masa Jabatan 2021-2025

27 April 2021

Pekalongan (27/4) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., melantik dan mengambil sumpah jabatan pelaksana unsur akademik masa jabatan 2021 – 2025. Pejabat yang dilantik ini merupakan hasil seleksi (penjaringan) calon perangkat akademik tahap II. Acara pelantikan berlangsung pada Senin, 26 April 2021 di Gedung Auditorium IAIN Pekalongan, Kampus I, Jl. Kusuma Bangsa No. 9 Kota Pekalongan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Turut mendampingi Rektor dalam acara pelantikan sekaligus bertindak sebagai saksi, Dr. Maghfur, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, serta Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si., selaku Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan. Adapun tamu undangan yang hadir dibatasi dan hanya terdiri dari para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, dan para Ketua Lembaga di lingkungan IAIN Pekalongan. Para sivitas akademika yang lain dipersilakan mengikuti acara secara virtual melalui Live Streaming YouTube IAIN Pekalongan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

Pejabat yang dilantik kali ini sejumlah 69 (enam puluh sembilan) orang dengan menduduki jabatan masing-masing, antara lain: Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan di semua fakultas sejumlah 50 pejabat, Wakil Direktur, Ketua dan Sekretaris Prodi pada Pascasarjana sejumlah 8 pejabat, Sekretaris dan Kepala Pusat pada Lembaga sejumlah 5 pejabat, Kepala dan Sekretaris Satuan sejumlah 2 pejabat, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) sejumlah 4 pejabat. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini IAIN Pekalongan sedang melakukan penataan dan pengisian jabatan pada struktur organisasi berkaitan dengan masa kepemimpinan baru periode 2021 – 2025. Sebelumnya juga telah dilakukan pelantikan untuk mengisi jabatan pada level middle leader (penjaringan perangkat akademik tahap I_red), yakni Dekan, Direktur, dan Ketua Lembaga. 

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., di awal amanatnya mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik dan mengutarakan harapannya agar para pejabat tersebut dapat mengemban amanah dengan baik. Rektor menyampaikan bahwa promosi, mutasi dan rotasi merupakan hal yang biasa dalam organisasi. Bahkan dengan mutasi dan rotasi dapat membentuk suasana baru guna menghilangkan kejenuhan dan memberikan penyegaran dalam siklus organisasi. “Begitu pula dengan promosi dari yang sebelumnya tidak menjabat, sekarang diberikan amanat jabatan, maka hal itu merupakan penguatan untuk mengelola organisasi. Ditambah dengan bergabungnya para tenaga muda dan baru yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,“ terangnya. 

Lebih lanjut, Rektor meminta komitmen para pejabat yang baru dilantik agar dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati dengan mencurahkan segenap tenaga, pikiran, serta waktu yang dimiliki guna mencapai cita-cita mulia untuk memajukan IAIN Pekalongan. “Dalam mengemban amanat jabatan ini, kita harus bekerja dengan sepenuh hati, bukan sepenuh gaji. Jika kita bekerja sepenuh hati, maka gaji dan penghasilan lain pasti akan mengikuti. Tetapi jika kita bekerja sepenuh gaji, maka jabatan akan dijadikan sarana untuk memperkaya diri dan hal itu merupakan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan,” tegas Rektor. 

Rektor juga berpesan kepada para pejabat baru dilantik agar dapat membangun kerjasama yang baik. Bekerja bukan dengan model superman atau superwoman, tetapi bekerja seperti superteam dengan membentuk teamwork yang kuat sehingga dapat melahirkan ide dan gagasan yang dapat diimplementasikan bersama. Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa teamwork juga merupakan akronim atau singkatan dari Together (bersama-sama), Excellent (lebih unggul), Achieving (pencapaian), Moving forward (bergerak maju), Wisdom (bijaksana), Optimistic (optimis ke depan), Rising (peningkatan), Knowledge (pengetahuan). 

“Saya berharap dalam kabinet saya ini, tidak ada istilah kerja saya, yang ada adalah kerja kita. Kita tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, tetapi berjalan seiring bersama untuk membangun organisasi yang kuat sehingga keinginan kita beralih status dari IAIN menjadi UIN Pekalongan segera terwujud,” pinta Rektor saat mengakhiri sambutannya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Umum, Saiful Anam, M.A., yang juga Sekretaris Panitia Penjaringan Calon Perangkat Akademik Rektor IAIN Pekalongan Masa Jabatan 2021 – 2025 menyampaikan bahwa pengisian jabatan yang saat ini dilantik telah melalui serangkaian tahapan penjaringan calon pejabat pelaksana akademik sesuai ketentuan yang berlaku. Jabatan yang dibutuhkan sejumlah 72 formasi, namun yang terisi baru 69 jabatan. Ada 3 (tiga) jabatan yang belum terisi, yakni Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu pada Lembaga Penjaminan Mutu, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Ketua Program Studi Magister Ekonomi Syariah pada Pascasarjana, terang Kabag. Umum.

Petikan SK Pejabat yang dilantik [KLIK]


Reporter : Singgih Setiawan
Editor     : Saiful Anam
Redaktur : Humas Bagian Umum

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…