Upaya Peningkatan Tata Kelola, IAIN Pekalongan Jalin Kerja Sama dengan Universitas Telkom

06 May 2021

Pekalongan (6/5) – Dalam rangka peningkatan tata kelola perguruan tinggi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menjalin kerja sama dengan Universitas Telkom Bandung.  Kerja sama ini diawali dengan studi banding sebagai penjajakan kedua belah pihak yang dilakukan secara daring pada Rabu (5/5/2021) melalui aplikasi zoom meeting. Studi banding ini terpaksa dilakukan secara daring mengingat kondisi saat ini masih pandemi Covid-19 dan situasi menjelang lebaran dimana mobilitas dibatasi oleh Pemerintah.

Para petinggi kedua institusi tersebut hadir dalam acara studi banding untuk menjajaki manfaat kerja sama. Dari pihak Universitas Telkom di antaranya Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis, Direktur Pusat Teknologi Informasi, dan Direktur pada bidang-bidang lainnya. Sementara dari IAIN Pekalongan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga dan para pimpinan lain di lingkungan IAIN Pekalongan. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Universitas Telkom, Dr. Ir. Rina Djunita Pasaribu, M.Sc menyatakan kebahagiaannya dan menyambut secara terbuka studi banding yang dilakukan oleh IAIN Pekalongan. Rina menyebut studi banding secara daring ini juga sebagai sarana mempererat silaturahmi antar kedua instansi. “Saya melihat kunjungan daring ini lebih dari sekedar studi banding, tapi sebagai upaya silaturahmi dan saling berbagi antar dua instansi,” jelasnya. Rina menambahkan melalui studi banding maka akan terjadi diskusi antar dua instansi dan hal ini merupakan kesempatan bagi masing-masing instansi untuk saling belajar dan berbagi pengalaman. 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Pekalongan, Drs. Moh. Muslih, Ph.D., dalam sambutannya menyebut Universitas Telkom sebagai universitas swasta terbaik yang telah banyak menorehkan prestasi. “Bagi IAIN Pekalongan, Universitas Telkom merupakan salah satu referensi kampus terbaik dalam manajemen dan inovasinya, dimana pada tahun 2019 dan 2020 diketahui mendapatkan anugerah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik dari Kemenristekdikti“, tutur Muslih. Karena itu Muslih mengungkapkan kesyukurannya dan berterima kasih atas kesediaan Universitas Telkom menerima kunjungan studi banding, meski dilaksanakan secara daring.

Muslih menambahkan, kegiatan kunjungan studi banding secara daring ini merupakan langkah awal kerja sama antara IAIN Pekalongan dan Universitas Telkom Bandung. “Insya Allah setelah studi banding secara online, akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai rinciannya antar kedua pihak,” ungkapnya. Kerja sama yang dimaksud adalah mengenai tata kelola dan pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi, dan secara prioritas menyasar kepada peningkatan tata kelola bidang informasi dan teknologi (IT).

Kerja sama dalam peningkatan tata kelola bidang IT sejalan dengan komitmen Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. selaku Rektor IAIN Pekalongan dalam upaya percepatan digitalisasi kampus. “Digitalisasi kampus merupakan suatu keniscayaan, yang mana ke depan akan menjadi kebutuhan semua pihak baik pada level rektorat, fakultas, hingga jurusan,” ungkap Rektor saat ditemui di ruang kerjanya. Rektor menyatakan kerja sama dalam tata kelola bidang IT merupakan hal mutlak yang dibutuhkan guna mendukung visi IAIN Pekalongan untuk menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang terkemuka dan kompetitif. 

Acara inti pada kegiatan studi banding adalah pemaparan dan diskusi antar bidang yang dibagi menjadi empat sesi, yakni sesi bidang I, bidang II, bidang III dan IV. Bidang I fokus membahas mengenai perencanaan strategis dan teknologi informasi. Bidang II membahas mengenai sistem pengajaran, akademik dan open library. Bidang III membahas mengenai pengembangan karir, alumni, kerja sama strategis. Sedangkan bidang IV membahas mengenai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis IT.


 

Reporter : Dimas Prasetya
Editor     : Saiful Anam
Redaktur : Humas Bagian Umum

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…