IAIN Pekalongan Gelar Sertijab Kepala Biro AUAK

25 May 2021

Pekalongan (25/5) – Institut Agama Islam Negeri Pekalongan (IAIN) Pekalongan menggelar acara Serah Terima Jabatan (sertijab) Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK). Secara resmi sertijab ditandai dengan penandatangan berita acara dan penyerahan buku memori jabatan oleh Kabiro AUAK Masa Bakti 2017 – 2021, Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si kepada Kabiro AUAK yang baru, Drs. Ferimeldi, Ph.D. Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN Pekalongan juga memberikan tali asih kepada Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si sebagai kenang-kenangan selama mengabdi di IAIN Pekalongan.

Acara sertijab dilaksanakan pada Senin, 24 Mei 2021 di ruang sidang lantai 3 gedung Rektorat Kampus I IAIN Pekalongan. Mengingat kondisi pandemi Covid-19, acara sertijab dikemas dengan model blended (offline dan online). Hadir fisik di tempat acara beberapa pejabat yang diundang secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sementara pejabat yang lain dan sivitas akademika IAIN Pekalongan tersambung secara daring melalui Streaming YouTube Channel IAIN Pekalongan. Acara sertijab berlangsung selama 1,5 jam dengan penuh khidmat dan suasana keakraban, meski sebagian besar sivitas akademika mengikuti secara daring. 

Dalam laporannya, Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, M.A., menyampaikan bahwa kegiatan sertijab merupakan kegiatan yang monumental karena terjadi penyerahan tugas jabatan yang penting dan strategis antara Kabiro AUAK lama kepada Kabiro AUAK yang baru. Meskipun hanya dihadiri peserta yang terbatas, Anam menambahkan bahwa panitia telah berusaha semaksimal mungkin menyiapkan acara agar dapat berjalan lancar, baik secara luring maupun daring. Untuk melengkapi laporannya, Anam membacakan Curriculum Vitae kedua pejabat yang akan menyerahkan dan menerima tugas jabatan Kabiro AUAK IAIN Pekalongan untuk diketahui sivitas akademika, khususnya profil Kabiro AUAK yang baru. 

Kepala Biro AUAK Masa Bakti 2017 – 2021, Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M. Si., dalam sambutan penyerahan tugas jabatan mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan sivitas akademika IAIN Pekalongan atas segala dukungan dan kerja sama yang selama ini terjalin. Syaifuddin menyebut masa jabatan 4 tahun sebagai Kabiro AUAK merupakan masa yang penuh kebahagiaan karena dapat bekerja dengan lingkungan (patner kerja_red) yang solid dan berdedikasi. Syaifuddin yang akan pindah tugas menjadi Kabiro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Walisongo Samarang mengungkapkan harapannya agar pekerjaan bidang AUAK di IAIN Pekalongan ke depannya semakin baik dan terus meningkat. “Hal-hal yang baik agar dapat diteruskan dan ditingkatkan oleh Kabiro AUAK yang baru, dan hal-hal yang kurang baik mohon dikoreksi dan diperbaiki”, pesan Syaifuddin Zuhri. 

Setelah penandatanganan berita acara sertijab, Kepala Biro AUAK yang baru, Drs. Ferimeldi, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan rasa haru (terkesan_red) atas sambutan dan penerimaan yang hangat dari Rektor beserta seluruh jajaran pimpinan atas kehadirannya di IAIN Pekalongan. Ferimeldi berharap bisa meneruskan pencapaian kinerja yang sudah dirintis oleh Kabiro sebelumnya dengan berkontribusi yang maksimal bagi kemajuan IAIN Pekalongan. Ferimeldi juga menyatakan siap mendukung transformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN Pekalongan, tetapi pengembangan fakultas dan program studi umum jauh lebih penting untuk dirintis guna menyongsong kelahiran UIN Pekalongan. “Saya dapat informasi bahwa ternyata Rektor IAIN Pekalongan beserta kabinetnya masih sama-sama baru. Karena saya juga baru, mari kita sama-sama saling mendukung dan bersinergi,” tutup Ferimeldi.  

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag., dalam arahannya menyambut suka cita dan mengucapkan selamat datang kepada Kabiro AUAK baru, Drs. Ferimeldi, Ph.D. Rektor berharap dengan segala pengalaman yang dimiliki oleh Kabiro baru dapat menjadi titik awal dalam pengelolaan IAIN Pekalongan yang lebih baik dan profesional. Pada kesempatan tersebut, Rektor juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kabiro AUAK Masa Bakti 2017 – 2021, Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si. atas segala dedikasi dan kerja sama dalam membangun IAIN Pekalongan. “Mari sertijab ini kita jadikan momentum agar IAIN Pekalongan semakin maju. Jika Kabiro sebelumnya mengiringi kelahiran IAIN Pekalongan, maka semoga dengan Kabiro baru sekarang juga bisa mengawali proses alih status dari IAIN menjadi UIN Pekalongan,” tegas Rektor. 

Dr. Syaifuddin Zuhri, M.Si dan Drs. Ferimeldi, Ph.D. beserta pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Agama dilantik secara bersamaan pada Selasa, 18 Mei 2021 oleh Menteri Agama RI di Jakarta. Dr. Syaifuddin Zuhri, M.Si dipindahtugaskan menjadi Kabiro AAK UIN Walisongo Semarang, sementara Drs. Ferimeldi, Ph.D. dipindahtugaskan menjadi Kabiro AUAK IAIN Pekalongan. Sebelumnya, Drs. Ferimeldi, Ph.D. adalah Kabiro AUAK IAIN Surakarta yang menjabat sejak 2018. Malang melintang di dunia birokrasi, Drs. Ferimeldi, Ph.D. pernah menduduki posisi sebagai Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Masa Bakti 2016 – 2018. 

Lahir di Batusangkar, Sumatera Barat, Ferimeldi menyelesaikan pendidikan program doktor (S.3) di George Mason University Amerika Serikat pada tahun 2005. Berusaha selalu bekerja dengan maksimal dan meninggalkan legacy pada setiap jabatan yang dia emban. Ferimeldi memiliki motto “berbuat maksimal hingga terjadi perubahan, tidak ada perubahan maka tidak akan ada sejarah”.


Reporter : Dimas Prasetya
Editor     : Saiful Anam
Redaktur : Humas Bagian Umum

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…