IAIN Pekalongan Gelar Rapat Kerja Tahun Anggaran 2021

27 May 2021

Pekalongan (27/5) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar acara rapat kerja (raker) dalam rangka konsolidasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 dan perencanaan program kerja dan anggaran tahun 2022. Dengan mengangkat tema “Peningkatan Kinerja dan Penguatan Rencana Kerja Menuju Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Bingkai Moderasi Beragama”, acara dilaksanakan selama 4 hari mulai Rabu s.d Sabtu, 26 s.d 29 Mei 2021 di Patra Hotel & Convention Semarang. Adapun pelaksanaan raker di luar kota ini dimaksudkan untuk mendorong efektivitas dan produktivitas seluruh peserta raker hingga dapat mencapai kinerja dengan hasil yang maksimal.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Pekalongan, Drs. Moh Muslih, Ph.D., menyampaikan bahwa kegiatan rapat kerja merupakan acara yang sangat penting dan strategis guna membahas berbagai permasalahan terkait pelaksanaan kegiatan dan program kerja tahun 2021. Karena itu, pada pertengahan tahun kegiatan yang ada perlu dievaluasi ketercapaiannya dan hendaknya diupayakan pada pencapaian prioritas mutu, baik yang diamanatkan oleh Kementerian Agama RI maupun amanat rencana strategis (renstra) IAIN Pekalongan. Muslih juga menyampaikan bahwa alokasi anggaran tahun 2022 telah dibagi dan didistribusikan. Muslih berharap agar semua perencanaan dapat disusun dengan baik dengan tetap mengacu pada skala prioritas dan standar mutu. “Perencanaan program kerja dan anggaran tahun 2022 harus berorientasi pada kualitas di semua level, baik di tingkat Institut, Fakultas, Lembaga, UPT, maupun unit kerja lain”, tutur Muslih. 

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag di awal sambutannya mengingatkan kepada peserta rapat kerja agar disiplin dalam mengikuti seluruh kegiatan dan menghilangkan budaya santai-santai. Kedisiplinan merupakan modal utama untuk mencapai target IAIN Pekalongan dalam 2 tahun ke depan. Target yang dimaksud adalah menyetarakan tata kelola kelembagaan IAIN Pekalongan dengan PTKIN yang lain, khususnya di wilayah Jawa Tengah. Karenanya, diperlukan kerja keras semua pihak, khususnya seluruh pemangku jabatan di lingkungan IAIN Pekalongan. “Pola kerja lama yang monoton harus kita tinggalkan, kita perlu mencari formula baru penerapan pola kerja yang lebih optimal dan menghasilkan”, ungkap Rektor.

Lebih lanjut, Rektor meminta agar penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun 2022 harus didasarkan pada rencana strategis (renstra) IAIN Pekalongan tahun 2020 – 2024. Sebagai bahan perbaikan penyusunan rencana kerja tahun 2022, kegiatan raker akan diawali dengan penyampaian evaluasi pencapaian renstra oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Rektor berharap kegiatan raker ini dapat mencapai 3 (tiga) target, yaitu: 1) penandatangan perjanjian kinerja (perkin) oleh seluruh pimpinan unit kerja sebagai acuan komitmen dalam pelaksanaan program kerja; 2) rescheduling pelaksanaan program dan anggaran tahun 2021 guna optimalisasi implementasi kegiatan; dan 3) penguatan rencana program kerja dan anggaran tahun 2022 untuk meminimalisir blokir anggaran.

Rektor juga menyinggung 7 (tujuh) program prioritas Kementerian Agama, yaitu: 1) penguatan perspektif moderasi beragama; 2) transformasi digital; 3) revitalisasi peran KUA; 4) Cyber University; 5) kemandirian pesantren; 6) computational thingking; dan 7) religiusity index. Sesuai dengan tugas dan fungsi perguruan tinggi, IAIN Pekalongan akan berkontribusi dalam pencapaian program prioritas Kementerian Agama melalui 2 (dua) program utama, yakni 1) penguatan perspektif moderasi beragama; dan 2) transformasi digital. “Dalam menyusun program tahun 2022, para pimpinan unit kerja agar menyesuaikan prioritas Kementerian Agama, khususnya pada program penguatan moderasi beragama dan digitalisasi kampus”, pungkas Rektor. 

Kegiatan raker selama 4 hari ke depan akan diisi dengan beberapa paparan materi penguatan penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun 2022. Di antara materi tersebut adalah kebijakan dan pengembangan bidang akademik dan kelembagaan, kebijakan dan pengembangan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan, serta kebijakan dan pengembangan bidang kemahasiswaan dan kerjasama. Ketiga kebijakan ini akan dipaparkan oleh Wakil Rektor sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Materi berikutnya yang akan dipaparkan adalah mengenai ketercapaian renstra, IKAD dan hasil survey, evaluasi standar biaya internal, serta model perencanaan dan penganggaran tahun 2022. Kegiatan raker ini juga mengundang narasumber dari eksternal, yaitu Kepala Kantor Wilayah DJPb Jawa Tengah yang akan memaparkan tentang perbendaharaan dan tata cara revisi anggaran, dan Kepala KPPN Pekalongan yang akan menyampaikan materi terkait strategi pengelolaan keuangan dan Rencana Penarikan Dana (RPD). 


Reporter  : Saiful Anam
Editor      : Dimas Prasetya
Redaktur  : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…