Perluas Jejaring, Pascasarjana IAIN Pekalongan Lakukan Kunjungan Kerja Sama ke Kemenag Kota Tegal

27 May 2021

Pekalongan (27/5) - Dalam rangka perluasan jejaring, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melakukan kunjungan kerja sama ke kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal, Jawa Tengah, pada Selasa (25/05/2021). Turut andil dalam kunjungan tersebut para pengelola Program Pascasarjana IAIN Pekalongan, yaitu Ketua Program Studi (Kaprodi) dengan didampingi Sekretaris Program Studi (Sekprodi) mulai dari Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Ekonomi Syariah, Magister Hukum Keluarga, dan Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Mewakili para pengelola Program Pascasarjana IAIN Pekalongan, Dr. Slamet Untung, M.Ag., yang merupakan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, menyampaikan maksud dan tujuan dari Tim Pengelola melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Agama Kota Tegal. “Pertama, kami bermaksud menjalin silaturrahmi dengan segenap jajaran di Kementerian Agama Kota Tegal, karena mengingat masih dalam suasana Idul Fitri 1442 H. Kedua, kami bermaksud menjalin kerja sama dengan Kemenag Kota Tegal dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), karena Pascasarjana IAIN Pekalongan merupakan lembaga pendidikan yang bergerak di bidang tersebut serta satu-satunya lembaga pendidikan yang berstatus ‘Negeri’ dan berbasis ‘Islam Moderat’ di wilayah Eks-Karesidenan Pekalongan” tuturnya.

Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, H. Akhmad Farkhan, S.Ag., M.H.I., mengucapkan terima kasih kepada segenap tim dari Pascasarjana IAIN Pekalongan atas kunjungan kerja sama tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa jajaran yang turut menghadiri kunjungan tersebut diantaranya adalah para Pengawas, Penyuluh, dan Kepala KUA di wilayah Kemenag Kota Tegal. Bahkan, pertemuan tersebut juga digelar secara Blended atau gabungan antara tatap muka dan tatap maya agar kegiatan tersebut bisa disaksikan oleh peserta yang lebih banyak tanpa harus melanggar aturan protokol kesehatan. 

Lebih lanjut, H. Akhmad Farkhan, S.Ag., M.H.I., yang juga merupakan alumni dari Program Pascasarjana IAIN Pekalongan, menyampaikan harapannya ke depan terkait keberlanjutan kunjungan tersebut. “Kami sangat senang mendapat kunjungan dari para pengelola Program Pascasarjana IAIN Pekalongan pada hari ini. Kami sangat berharap bahwa kedepannya kedua lembaga ini bisa bekerja sama dengan baik, dapat menghasilkan program-program yang kreatif dan inovatif, sehingga bisa saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak khususnya, dan bagi masyarakat yang lebih luas pada umumnya. Saya juga turut berdo’a semoga Program Pascasarjana IAIN Pekalongan bisa semakin maju dan berkembang”, pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan program yang ditawarkan oleh Pascasarjana IAIN Pekalongan yang dipresentasikan oleh masing-masing Ketua Program Studi dan dipandu oleh alumni Pascasarjana IAIN Pekalongan, Rahmi Anekasari, M.Pd., yang juga dosen di IAIN Pekalongan. Dari paparan tersebut, disampaikan bahwa sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat dan negara dalam turut serta mencetak generasi yang unggul dan beradab, Program Pascasarjana IAIN Pekalongan menyediakan beberapa skema program beasiswa, diantaranya Beasiswa Program Tahfidz dan Beasiswa Reguler (Non-Tahfidz). Selain itu, mulai tahun 2022, Pascasarjana IAIN juga akan membuka Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Arab dan Program Doktor (S-3) Pendidikan Agama Islam.

Pemaparan program juga disambut positif oleh para peserta dari jajaran Kemenag Kota Tegal yang hadir pada kegiatan tersebut. Peserta antusias bertanya seputar proses pendaftaran, proses seleksi, hingga proses perkuliahan yang dilaksanakan oleh Pascasarjana IAIN Pekalongan. Hal ini langsung ditanggapi dan dijawab oleh para Kaprodi yang hadir, sehingga para peserta tampak puas dan jelas dengan informasi yang ingin mereka peroleh terkait Program Pascasarjana IAIN Pekalongan.


 

Reporter : M. Ali Ghufron

Editor     : Tim Humas Pascasarjana

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…