Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, IAIN Pekalongan Jalin Kerjasama dengan Pemkab Blora

01 June 2021

Tugas perguruan tinggi secara umum meliputi tiga bidang : pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan dan pengajaran bertujuan menyiapkan lulusan agar siap memberikan kontribusi di tengah masyarakat serta siap berkompetisi di dunia kerja maupun usaha.

Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, sedangkan pengabdian kepada masyarakat dimaksudkan agar dosen, mahasiswa dan civitas akademika menggunakan skill dan ilmu yang dimiliki untuk kemanfaatan bagi masyarakat . Ketiga tugas tersebut secara umum disebut dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Institut Agama Islam Negeri Pekalongan senantiasa terus meningkatkan tri dharma perguruan tinggi dengan menjalin kerjasama dengan bergai pihak, baik swasta maupun negeri, dalam negeri maupun  luar negeri. Salah satu pihak yang juga menjadi sasaran kerjasama IAIN adalah Pemerintah Daerah.

Pada hari Senin, 31 Mei 2021, IAIN Pekalongan melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Blora yang berisi pelaksanaan tri Dharma Perguruan Tinggi di Blora. Acara yang digelar di Kantor Bupati Blora tersebut dihadiri oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, Kepala Bappeda Blora Aunur Rofiq, SE., M.Si dan beberapa Kepala Dinas di jajaran Pemerintahan Kabupaten Blora. Sementara dari IAIN Pekalongan, hadir Rektor Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag, Wakil Rektor II (Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan) Muslih, Ph.D, Wakil Rektor II (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) Dr. Muhlisin, M.Ag serta Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si.

Bupati Blora Arief Rahman menjelaskan bahwa penandatanganan kesepakatan kerjasama ini selaras dengan visi Kabupaten Blora "Sesarengan mBangun Blora Unggul dan Berdaya Saing". Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang tersebut juga mengungkapkan bahwa kerjasama dengan IAIN Pekalongan ini secara khusus dimaksudkan untuk meralisasikan salah satu misi “Membangun sumberdaya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berkarakter” sebagai bagian tak terpisahkan dari visi di atas.

Senada dengan Arief Rahman, Rektor IAIN Zaenal Mustakim mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Pemkab Blora dimaksudkan untuk menerapkan dan mengembangkan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, potensi sumber daya alam dan manusia, serta pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Blora.

Sementara Wakil Rektor III Dr. Muhlisin menjelaskan bahwa ruang kerjasama tersebut meliputi enam bidang : bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; peningkatan kualitas sumberdaya manusia Kabupaten Blora; pengarusutamaan gender; bantuan pendidikan putra daerah; bidang pengembangan potensi daerah serta pemberdayaan masyarakat;

Dengan kerjasama tersebut, maka IAIN Pekalongan siap menjadi mitra Pemkab Blora dalam program bantuan pendidikan putra daerah, dan sebaliknya, Pemkab Blora juga siap menampung mahasiswa IAIN yang akan melakukan pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata. Selain itu, kerjasama tersebut juga memungkinkan Pemkab Blora mengadakan pelatihan untuk masyarakat dengan menggandeng IAIN Pekalongan sebagai fasilitator dan narasumber pelatihan.

Kesepakatan Kerjasama tersebut dilakukan untuk jangka waktu lima tahun serta dan akan ditijuan setiap satu tahun sekali gna meningkatkan efektivitas program yang dihasilkan dari MoU tersebut.

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…