Tindak Lanjut AMI, IAIN Pekalongan Gelar Rapat Tinjauan Manajemen

15 October 2021

Pekalongan (15/10) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada Kamis, 14 Oktober 2021 di Auditorium Kampus I IAIN Pekalongan. Kegiatan RTM merupakan rangkaian dari kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 8 Oktober 2021. Tujuan utama dari pelaksanaan RTM adalah penyampaian hasil AMI, analisa akar masalah dan perumusan langkah-langkah tindak lanjutnya.

Tema pada RTM ini masih serupa dengan kegiatan AMI sebelumnya, yakni “Continuous Quality Improvement”. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., tepat pada pukul 08:30 WIB. Peserta RTM ini adalah seluruh pimpinan baik unsur pelaksana akademik maupun struktural, yakni mulai dari jajaran Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat, Kepala Biro AUAK, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Jurusan S-1, Ketua Program Studi S-2, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Kepala Unit, Kepala Bagian Institut, dan Kepala Bagian Fakultas. 

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag menyebut acara RTM memiliki peranan penting demi meningkatkan mutu IAIN Pekalongan secara berkelanjutan. Pada kesempatan tersebut, Tri Astutik menyampaikan bahwa upaya menjaga komitmen mutu dapat dilihat dari kehadiran top management pada kegiatan RTM. “Salah satu indikasi komitmen seorang pimpinan adalah dengan menghadiri acara RTM. Hal ini sebagai bukti empiris yang ditunjukkan melaui komitmen bersama terhadap mutu,” tegas Tri Astutik.

Senada dengan Ketua LPM, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. dalam sambutan pembukaan mengatakan semua unsur pimpinan di IAIN Pekalongan harus turut andil dalam upaya meningkatkan mutu IAIN Pekalongan. Rektor menyebut kegiatan RTM sebagai satu sistem dalam meningkatkan mutu IAIN Pekalongan secara berkelanjutan. Kegiatan RTM yang dihadiri oleh top management IAIN Pekalongan bukan saja sebagai sarana penyampaian hasil audit, namun juga sebagai wadah dalam pencarian akar masalah dan solusi dari masalah tersebut.

Ditemui pasca acara, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., menyampaikan bahwa RTM merupakan hasil dari rangkaian Audit Mutu Internal (AMI). Rektor menyebut dibanding dengan tahun lalu, temuan AMI pada tahun 2021 semakin berkurang. “Ada progres yang lebih baik jika dibanding tahun lalu, telah ada perbaikan pada semua level di lingkungan IAIN Pekalongan, baik pada level institut, fakultas, jurusan, hingga UPT,” papar Rektor. Karena itu Rektor berharap hasil dari AMI 2021 dapat menjadi acuan dan perbaikan bagi pelaksanaan kegiatan IAIN Pekalongan pada semua level di tahun 2022.


Reporter    : M. Fahmi Fuza

Editor        : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…