Tahun 2022, IAIN Pekalongan Siap Terapkan TNDE

16 October 2021

Pekalongan (16/10) – Dalam rangka menuju sistem ketatausahaan dan kearsipan secara digital, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan laksanakan pelatihan implementasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) bagi seluruh pemangku jabatan, baik unsur pimpinan maupun tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Pekalongan. Pelatihan implementasi TNDE dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 14 – 15 Oktober 2021 di ruang Laboratorium Komputer Gedung FEBI IAIN Pekalongan, Kampus Kajen Kab. Pekalongan.

Saiful Anam, M.A., Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan pelatihan implementasi TNDE adalah untuk memberikan pemahaman bagi pimpinan dan tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Pekalongan tentang tata cara penyusunan tata naskah dinas secara elektronik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk penyeragaman persepsi kepada peserta pelatihan tentang mekanisme dan prosedur penyusunan naskah dinas dan pengelolaan sistem kearsipan.

Lebih rinci, Saiful Anam menjelaskan bahwa secara teknis maksud pelatihan implementasi TNDE adalah guna memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang teknik penyusunan naskah dinas secara dinamis. Pada pelatihan implementasi TNDE, peserta akan diajarkan secara rinci, step by step tentang tata cara penyusunan naskah dinas secara elektronik. Di dalam pelatihan, peserta didorong untuk dapat mempraktekkan secara langsung penyusunan naskah dinas melalui aplikasi E-Model. Pada pelatihan implementasi TNDE ini peserta diharapkan dapat memahami sistem dan model tata naskah dinas elektronik sesuai dengan standar baku.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Drs. Moh. Muslih, Ph.D saat ditemui di ruangannya menyampaikan dukungannya terhadap acara ini. Ia menyampaikan di era  teknologi yang kian berkembang IAIN Pekalongan harus dapat beradaptasi, termasuk dalam hal layanan tata naskah kedinasan. “Dengan penerapan tata naskah dinas secara elektronik, layanan kearsipan kita akan lebih cepat, ringkas, dan terintegrasi,” papar Muslih. Karena itu ia meminta kepada semua peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, agar implementasi TNDE dapat segera terwujud dan berjalan secara komprehensif.

Pelatihan implementasi TNDE dipandu langsung oleh programmer di bidang terkait. Pada pelatihan dijelaskan bagaimana cara membangun dan mengembangkan sistem E-Office, dan pengenalan sistem Single Sign on (SSO) serta praktek mengoperasikan TNDE menggunakan E-Model. Rencananya implementasi TNDE akan diberlakukan secara bertahap mulai November 2021 dan harapannya pada Januari tahun 2022 TNDE dapat diterapkan sepenuhnya di lingkungan IAIN Pekalongan.


Reporter   : M. Mahruquzzamal

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur   : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…