Perkuat Kompetensi Tim Sosialisasi PMB Tahun 2022/2023, IAIN Pekalongan Adakan Pembekalan Bagi Tim Sosialisasi

22 October 2021

Pekalongan (22/10) - Dalam rangka meningkatkan kesiapan dan kemampuan Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), IAIN Pekalongan mengadakan Training of Trainer Peningkatan Kompetensi Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Pekalongan Tahun Akademik 2022/2023.

Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021 di Hotel Dafam Pekalongan ini menghadirkan pakar motivasi dan trainer dari Yogyakarta yaitu Dr. H. Achmad Fauzan Asmara, CHt., M.Psi., MM. dengan materi How to be an effective trainer, service orientation of pedagogics, unconscious mind communications dan the art off reading people.

Dalam sambutannya, Dr.Maghfur,M.Ag selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kelembagaan mengatakan bahwa forum ini sangat penting, karena berkaitan dengan perekrutan mahasiswa baru IAIN Pekalongan.  Peran Sosialisasi PMB menjadi sangat penting sebagai strategi merekrut mahasiswa sebanyak-banyaknya. Di era digital ini, Tim Sosialisasi PMB diharapkan dapat menyusun langkah-langkah strategis agar pola sosialisasi tidak lagi menggunakan metode sosialisasi secara konvensional melainkan harus merambah ke jagad maya yaitu media sosial, sehingga perekrutan mahasiswa baru dapat dilakukan lebih optimal sesuai dengan passion generasi milenial.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa berhubung di IAIN Pekalongan belum ada lembaga khusus yang menjalankan fungsi sebagai marketing officer maka peran ini masih dilaksanakan oleh Bagian Akademik dan Kemahasiswaan. Muncul gagasan/pardigma baru bahwa bukan lagi IAIN Pekalongan yang mencari mahasiswa tapi mahasiswa yang akan mencari IAIN Pekalongan. Untuk itu diperlukan beberapa point penting diantaranya menyusun konsep promosi kreatif, transformasi layanan dari manual menjadi berbasis digital/IT, transformasi menjadi UIN, sistem informasi di make up agar lebih menarik, adanya lembaga khusus yang berperan sebagai marketing officer yang menyusun strategi branding berbasis riset, hal ini merupakan kerja berkelanjutan pungkasnya.

Acara yang dimoderatori oleh Mauludi Haqqul Adni, S.E., M.M ini, selain dihadari oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kelembagaan juga dihadiri oleh Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (AKMA), serta diikuti oleh seluruh tim sosialisasi PMB IAIN Pekalongan Tahun 2022/2023 yang terdiri dari unsur dosen dan tenaga kependidikan bagian akademik dan kemahasiswaan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dan skill tim sosialisasi PMB IAIN Pekalongan Tahun Akademik 2022/2023 agar dapat merebut hati calon mahasiswa IAIN Pekalongan.


Reporter : Abdul Ghofar Saifudin

Editor     : Yayuk Sri Rahayu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…