Prof. Suyitno: Wakil Rektor II dan Kabiro Sinergi, Niscaya Kampus Kuat dan Aman

22 October 2021

Pekalongan (22/10) – Gelaran Focus Group Discussion (FGD) Nasional Wakil Rektor/Ketua II PTKIN Se-Indonesia resmi berakhir. Bertempat di "Disini Cafe" Kabupaten Batang, penutupan acara FGD dilakukan dengan suasana santai pada Senin, 18 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag turut hadir untuk menutup acara yang telah diselenggarakan sejak tanggal 16 Oktober 2021.

Pada hari ketiga (hari terakhir) rangkaian acara FGD diawali dengan agenda city tour. Pada kegiatan ini, peserta diajak untuk napak tilas sejarah Batik Pekalongan dengan mengunjungi Museum Batik Kota Pekalongan. Pasca mengunjungi Museum Batik, para peserta menikmati wisata belanja batik di pasar legendaris Kota Pekalongan, yaitu Pasar Batik Setono. Setelah istirahat makan siang di Resto Tirta Alam, para peserta melanjutkan kunjungan ke Kampus II IAIN Pekalongan (Kajen) untuk meninjau proyek pembangunan gedung yang bersumber dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara).

Setelah agenda city tour dan kunjungan ke Kampus II IAIN Pekalongan, agenda FGD Nasional Wakil Rektor/Ketua II PTKIN Se-Indonesia pada hari ketiga resmi ditutup melalui acara semi-formal yang diadakan di "Disini Cafe" Kabupaten Batang. Pada kesempatan tersebut hadir seluruh peserta FGD Nasional yang terdiri dari perwakilan Rektor PTKIN, Wakil Rektor/Ketua II PTKIN, dan kelompok kerja (pokja) SBSN. Acara juga turut dihadiri  Kepala Subdirektorat Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ruchman Basori, S.Ag., M.Ag.

Pada sambutan acara penutupan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag selaku Rektor IAIN Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti acara hingga tuntas. Zaenal mengungkapkan sebuah kebanggaan bagi sivitas akademika IAIN Pekalongan dapat menjadi tuan rumah dalam acara FGD Nasional Wakil Rektor/Ketua II PTKIN Se-Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Zaenal juga menyampaikan IAIN Pekalongan selalu siap untuk bersinergi dan bekerja sama dengan berbagai pihak guna menyukseskan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Menyambung sambutan Rektor IAIN Pekalongan, Direktur PTKI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag mengucapkan selamat kepada Rektor dan jajarannya atas keberhasilan IAIN Pekalongan dalam melaksanakan FGD Nasional. Pada momen pidato penutupan acara FGD Nasional tersebut, Suyitno mengingatkan kepada Rektor dan Wakil Rektor II tentang pentingnya administrasi dalam manajemen perguruan tinggi. “Seluruh Rektor wajib ikut pendidikan dan latihan administrasi, karena Rektor bukan hanya sebagai akademisi namun juga sebagai pelaksana administrasi pada level perguruan tinggi,” papar Suyitno.

Suyitno menambahkan, banyak kasus yang menyasar pada pimpinan perguruan tinggi yang terkena pelanggaran serius akibat tidak memahami administrasi. Guna mendukung penguatan administrasi pada perguruan tinggi, Rektor, Wakil Rektor II, serta Kepala Biro (Kabiro) harus bahu-membahu dalam melaksanakan tata kelola dan administrasi pada perguruan tinggi. “Wakil Rektor II harap fokus mem-back up Rektor dalam perencanaan secara keseluruhan. Begitu pula Wakil Rektor II dan Kabiro harus sinergi, jangan sampai ada ego personal,” pungkasnya. Suyitno menegaskan, dengan sinergi yang baik antara Wakil Rektor II dan Kabiro, maka posisi Rektor dan kampus secara keseluruhan akan kuat dan aman.


Reporter    : Dimas Prasetya

Editor         : Saiful Anam

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…