Mahasiswa IAIN Pekalongan Sabet Juara Best Favorite Pidato Tingkat Nasional

13 April 2021 Author :  

Pekalongan (12/4) – Arlinda Ayu Diah Arfani, mahasiswa IAIN Pekalongan berhasil menyabet predikat Juara Best Favorite Pidato Tingkat Nasional dalam kegiatan Sayembara Bidikmisi Nasional (SAYEBINA) yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Kegiatan SAYEBINA dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 8 s.d 10 April 2021. Dengan tema "Menciptakan SDM yang Berprestasi Demi Menjaga Keutuhan NKRI di Era Revolusi Industri 4.0" kegiatan SAYEBINA dikhususkan bagi para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dari berbagai perguruan tinggi keagamaan dan perguruan tinggi umum yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Bidikmisi merupakan singkatan dari Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin dan Berprestasi. Beasiswa Bidikmisi ini mulai dikucurkan Pemerintah sejak tahun 2010, namun sekarang diganti dengan istilah KIP (Kartu Indonesai Pintar). Di antara perguruan tinggi yang ikut mendelegasikan mahasiswanya sebagai peserta SAYEBINA yakni UIN Suska Riau, IAIN Pekalongan, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, IAIN Curup, UIN Alauddin Makassar, Universitas Teuku Umar, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Riau, dan Universitas Pendidikan Mandalika. Dalam kompetisi ini, IAIN Pekalongan ikut berpartisipasi dengan mengirimkan dua mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi atas nama Arlinda Ayu Diah Arfani, mahasiswa jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Abdul Haris Musyafak, mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI). Kedua mahasiswa tersebut merupakan penerima beasiswa Bidikmisi angkatan tahun 2018. 

Dalam perhelatan SAYEBINA, Arlinda Ayu Diah Arfani yang membawa bendera IAIN Pekalongan ikut mendaftar dan berkompetisi dalam lomba Pidato Tingkat Nasional tersebut. Setelah melalui perlombaan dan penjurian yang ketat, akhirnya Arlinda keluar sebagai Juara Best Favorite kategori Pidato Tingkat Nasional di UIN Suska Riau. Usai pengumuman lomba, Arlinda mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala anugerah yang telah diterima, terkhusus atas prestasi tingkat nasional yang didapatkannya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua, Rektor IAIN Pekalongan dan segenap sivitas akademika IAIN Pekalongan yang telah memberikan kesempatan, doa, dukungan dan motivasi kepada saya untuk mengikuti kompetisi ini dan syukur Alhamdulillah akhirnya saya keluar sebagai juara,” ujar Arlinda. 

Sementara itu, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Pekalongan memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Arlinda atas prestasi yang telah diperoleh. Berkat prestasi yang membanggakan tersebut, nama IAIN Pekalongan semakin harum dan berkibar baik pada level lokal maupun nasional. Karena itu Dr. Muhlisin juga berpesan dan memotivasi kepada seluruh mahasiswa IAIN Pekalongan agar lebih bersemangat dan serius dalam meraih berbagai prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. “Selamat atas prestasi Arlinda, ayo bagi mahasiswa lainnya berkompetisi dan berprestasilah, seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan siap memberikan layanan dan fasilitas semaksimal mungkin bagi mahasiswa untuk berprestasi baik ditingkat lokal, nasional bahkan internasional,” pungkasnya.

 


Reporter     : M. Saifuddin

Editor         : Dimas Prasetya

Redaktur    : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…