Mahasiswa PPL PBA IAIN Pekalongan Berhasil Merilis Kamus Saku Arab-Indonesia  

01 October 2021 Author :  

Pekalongan (01/10) – Produk baru dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab untuk siswa Madrasah Tsanawiyah. Sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, pasti dituntut untuk selalu berinovasi menciptakan produk atau media yang berhubungan dengan kebahasaaraban yang nantinya bisa digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab di sekolah.

Kamus Saku Arab-Indonesia, berhasil dirilis oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pekalongan kelompok lima, yang beranggotakan Mukhamad Zahrul Alim, M. Shodiq Luthfil Hakim, Muhaimin, Linda Nofiana, Luffy Rahmayani, Maulida Sheila Richma, Mufita Khaulia, Musfidayana, Nabila Nur Aisyah, dan Nada Tsania.

Mukhamad Zahrul Alim yang ditunjuk sebagai ketua kelompok lima, menuturkan bahwa dunia menulis buku menjadi hal menarik bagi mereka yang menekuni di bidang tersebut. Setiap penulis memiliki bentuk tulisan yang berbeda-beda. Ada yang memilih menulis buku, makalah, artikel, atau jurnalistik. Kami kelompok lima memilih membuat kamus saku Arab-Indonesia atau kumpulan mufradat bahasa Arab yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Selain mufradat, dalam kamus saku tersebut juga diselipkan beberapa mahfudzat (kata mutiara). “Beberapa alasan mengapa kami (kelompok lima) menciptakan karya tersebut ialah supaya bisa bermanfaat untuk siswa Madrasah Tsanawiyah atau siswa pada umumnya, untuk menambah wawasan, memperkuat daya ingat siswa, dan sebagai investasi masa depan”.

Pembuatan kamus saku Arab-Indonesia direspon baik oleh guru-guru MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto, Dosen Pembimbing Lapangan, bahkan ketua jurusan dan sekretaris jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pekalongan. Mereka sangat mengapresiasi karya kecil dan karya pertama kami sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab. “Alhamdulillah produk kamus saku ini sangat mendukung dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto. Langkah awal yang baik untuk mahasiswa PPL ini, semoga bisa menciptakan produk-produk baru lagi”. Ujar bapak Jauhar Ali, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan PPL.

Kamus saku Arab-Indonesia diterbitkan pada tanggal 23 September 2021 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni. Acara penerbitan tersebut berlangsung saat acara penarikan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan yang dipersembahkan untuk MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto yang diwakilkan oleh bapak Syahirul Alim, S.Pd.I.

 

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…