SUROSO Film Pendek IAIN Pekalongan Berhasil Raih Emas pada IPPBMM 2021

23 June 2021 Author :  

Yogyakarta (23/06) - Kontingen IAIN Pekalongan berhasil meraih mendali emas kategori film pendek pada Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) 2021 Yogyakarta. Film pendek karya kontingen IAIN Pekalongan yang berjudul “Suroso” yang merupakan singkatan dari Sawijining Manungso Manunggaling Roso berhasil meraih juara I dengan mendapat Medali Emas.

Film pendek “Suroso” dinyatakan sebagai juara satu dalam kelompok lomba seni setelah melewati beragam screening penilaian oleh para dewan juri.  Film pendek “Suroso” mampu mengungguli film pendek berjudul Tumpeng (juara II) karya kontingen UIN Sunan Kalijaga dan film pendek berjudul Sebelum dan Sesudah Itu (juara III) karya kontingen UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pekalongan, ditemui di lokasi acara dengan bangga mengucapkan selamat kepada tim film pendek dengan judul “Suroso” dan menyambut raihan medali emas ini dengan suka cita yang mendalam. Mendali emas yang diraih pada hari ini merupakan mendali yang pertama, harapannya semoga dapat disusul dengan peroleh mendali-mendali berikutnya. Dihari sebelumnya IAIN Pekalongan meraih mendali perunggu pada cabang lomba Tenis Meja.

Lebih lanjut, Dr. Muhlisin menyampaikan bahwa film “Suroso” menggambarkan tentang kearifan lokal. “Filosofi budaya Jawa yang mengedepankan etika dan estetika memberikan pesan tentang moderasi beragama dalam mewujudkan harmoni kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Film ini sangat menginspirasi bagi kalangan milenial, utamanya untuk mencintai kebudayaan asli Indonesia” ujarnya.

Sementara itu, Mas Ulil Hidayat selaku kameraman dan visual FX film menyampaikan keberhasilan film pendek “Suroso” meraih mendali emas pada IPPBMM 2021 adalah berkat kerja sama tim yang luar biasa antara UKM-F NAVI FILM dan HMJ KPI IAIN Pekalongan. Ulil mewakili tim film pendek “Suroso” mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran jalannya produksi film dan utamanya kepada IAIN Pekalongan. Ulil juga menyampaikan dengan keberhasilan film “Suroso” dapat meraih mendali emas “harapannya agar pengembangan kreativitas dan seni di IAIN Pekalongan bisa terus didukung hingga bisa lebih meningkat” ucap Ulil.

Perolehan mendali emas melalui Film pendek “Suroso” karya kontingen IAIN Pekalongan membuktikan bahwa mahasiswa Pekalongan memiliki kompetensi dan kreativitas yang tinggi. Pembuatan film pendek memerlukan kerja sama yang baik antar semua tim baik dari penulis naskah, sutradara, kameramen, talent, penata musik, koreografer dan lain sebagainya. Semoga dengan Raihan mendali emas ini dapat menyusul prestasi-prestasi berikutnya yang mampu mengharumkan almamater IAIN Pekalongan.


Reporter : Dimas Prasetya
Editor     : Dewi Anggraeni
Redaktur : Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…